Pelatihan Membaca Aksara Pegon Dan Arab Melayu Pada Naskah Kuno Di Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam Depok

Authors

  • Doni Wahidul Akbar doni universitas Prof. Dr. hamka
  • Zainul Abidin Universitas Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v2i2.288

Keywords:

Filologi, Arab Pegon, Arab Al Qur’an

Abstract

Dalam Naskah Kuno seperti naskah Kitab Musa: Layang Musa Kang  Kapisan Kaarangan Purwaning Dumadi yang diperuntukan untuk  agama  Kristen  tetapi Teksnya dibuat menggunakan budaya Jawa dan aksara yang berlaku pada  saat  itu yaitu aksara Arab yang digunakan dalam Alqur’an. Belajar dari hal ini, penting sekali memberikan informasi tentang pentingnya menguasai kemampuan membedakan aksara Arab Pegon dan Aksara Arab Al Qur’an agar tidak mudah terkecoh dalam membaca suatu informasi. Ketidaktahuan ini dapat menyebabkan kesesatan dalam mempelajari suatu ajaran. Filologi sebagai sebuah cabang keilmuan yang mentelaah fungsi heurmenetik dengan mengedepankan teks. Karena itu dianggap penting sekali untuk memberikan pelatihan terkait membedakan dan membaca suatu naskah arab. Pelatihan dilaksakanan secara Offline dengan Protokol Kesehatan yang baik. Hasilnya secara sederhana, peserta pelatihan sudah mampu membedakan antara aksara arab pegon dan aksara arab Melayu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barried, S.B. Dkk (1985) Pengantar Teori Filologi. Yogyakarta: Badan Penelitian Dan

Publikasi Fakultas (Bppf) Seksi Filologi, Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada.Dan Budaya. Volume 8, No. 1. 2006.

Elmubarok, Z. Et Al. (2020) ‘Journal Of Arabic Learning And Teaching Bahasa Arab

Pegon Sebagai Tradisi Pemahaman Agama Islam Di Pesisir Jawa Abstrak’. Available At: Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Laa.

Hariyadi Et Al (2022) ‘Pendampingan Pembuatan Buku Antologi Puisi Siswa Di Smp

Negeri 3 Sungai Kakap’. Abdine: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakatvol. 2, No. 1, Juni 2022,Hal.95-100p-Issn 2798-2882, E-Issn 2798-2890

Ikram, A. (1997) Filologia Nusantara . Jakarta: Pustaka Jaya.

Kuntowijoyo (1995) Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang Budaya.

Laila, A., Gemarni Tatalia, R. And Septia, E. (2022) ‘Pembinaan Menulis Karya Sastra

(Puisi) Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Secara Daring Di Smk Kartini Batam’, Abdine: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Pp. 11–17. Available At: Http://Badanbahasa.Kemdikbud.Go.Id/.

Sa’adah, N. (2019) ‘Problematika Pembelajaran Nahwu Bagi Tingkat Pemula

Menggunakan Arab Pegon’, Lisanan Arabiya, 3(1). Available At: Https://Doi.Org/10.32699/Liar.V3i01.987.

Susiawati, I., Wildan, A. And Mardani, D. (2022) ‘Studi Tekstologi Pada Wacana Kritis

Teun A. Van Dijk Dan Robert Hodge’, Jurnal Basicedu, 6(4), Pp. 6665–6678. Available At: Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3114.

Wahidul Akbar, D. (2021) ‘“Ma Huwa Asasul Jamiatul Muhammadiyah”’, Alim, 3(2), P. 2021.

Wahidul Akbar, D. And Dwi Agustini, V. (2021) Pelatihan Membaca Arab Pegon Dalam

Alkitab Di Pcm Sukmajaya Depok. Jurnal Kra-Ith Abdimas Vol 5 Issue 1 P 194-199.

Wahyuni, S. And Ibrahim, R. (2017) Pemaknaan Jawa Pegon Dalam

Memahami Kitab Kuning Di Pesantren, Jurnal Ilmiah Studi Islam.

Van Den End (2016) Ragi Carita 1 Sejarah Gereja Di Indonesia Tahun 1500 – 1860.

Jakarta: Pt Bpk Gunung Mulia.

Published

2022-12-12

How to Cite

doni, D. W. A., & Abidin, Z. (2022). Pelatihan Membaca Aksara Pegon Dan Arab Melayu Pada Naskah Kuno Di Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam Depok. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 143-153. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i2.288