Pelatihan Membaca Aksara Pegon Dan Arab Melayu Pada Naskah Kuno Di Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam Depok
DOI:
https://doi.org/10.52072/abdine.v2i2.288Keywords:
Filologi, Arab Pegon, Arab Al Qur’anAbstract
Dalam Naskah Kuno seperti naskah Kitab Musa: Layang Musa Kang Kapisan Kaarangan Purwaning Dumadi yang diperuntukan untuk agama Kristen tetapi Teksnya dibuat menggunakan budaya Jawa dan aksara yang berlaku pada saat itu yaitu aksara Arab yang digunakan dalam Alqur’an. Belajar dari hal ini, penting sekali memberikan informasi tentang pentingnya menguasai kemampuan membedakan aksara Arab Pegon dan Aksara Arab Al Qur’an agar tidak mudah terkecoh dalam membaca suatu informasi. Ketidaktahuan ini dapat menyebabkan kesesatan dalam mempelajari suatu ajaran. Filologi sebagai sebuah cabang keilmuan yang mentelaah fungsi heurmenetik dengan mengedepankan teks. Karena itu dianggap penting sekali untuk memberikan pelatihan terkait membedakan dan membaca suatu naskah arab. Pelatihan dilaksakanan secara Offline dengan Protokol Kesehatan yang baik. Hasilnya secara sederhana, peserta pelatihan sudah mampu membedakan antara aksara arab pegon dan aksara arab Melayu
Downloads
References
Barried, S.B. Dkk (1985) Pengantar Teori Filologi. Yogyakarta: Badan Penelitian Dan
Publikasi Fakultas (Bppf) Seksi Filologi, Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada.Dan Budaya. Volume 8, No. 1. 2006.
Elmubarok, Z. Et Al. (2020) ‘Journal Of Arabic Learning And Teaching Bahasa Arab
Pegon Sebagai Tradisi Pemahaman Agama Islam Di Pesisir Jawa Abstrak’. Available At: Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Laa.
Hariyadi Et Al (2022) ‘Pendampingan Pembuatan Buku Antologi Puisi Siswa Di Smp
Negeri 3 Sungai Kakap’. Abdine: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakatvol. 2, No. 1, Juni 2022,Hal.95-100p-Issn 2798-2882, E-Issn 2798-2890
Ikram, A. (1997) Filologia Nusantara . Jakarta: Pustaka Jaya.
Kuntowijoyo (1995) Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang Budaya.
Laila, A., Gemarni Tatalia, R. And Septia, E. (2022) ‘Pembinaan Menulis Karya Sastra
(Puisi) Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Secara Daring Di Smk Kartini Batam’, Abdine: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Pp. 11–17. Available At: Http://Badanbahasa.Kemdikbud.Go.Id/.
Sa’adah, N. (2019) ‘Problematika Pembelajaran Nahwu Bagi Tingkat Pemula
Menggunakan Arab Pegon’, Lisanan Arabiya, 3(1). Available At: Https://Doi.Org/10.32699/Liar.V3i01.987.
Susiawati, I., Wildan, A. And Mardani, D. (2022) ‘Studi Tekstologi Pada Wacana Kritis
Teun A. Van Dijk Dan Robert Hodge’, Jurnal Basicedu, 6(4), Pp. 6665–6678. Available At: Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3114.
Wahidul Akbar, D. (2021) ‘“Ma Huwa Asasul Jamiatul Muhammadiyah”’, Alim, 3(2), P. 2021.
Wahidul Akbar, D. And Dwi Agustini, V. (2021) Pelatihan Membaca Arab Pegon Dalam
Alkitab Di Pcm Sukmajaya Depok. Jurnal Kra-Ith Abdimas Vol 5 Issue 1 P 194-199.
Wahyuni, S. And Ibrahim, R. (2017) Pemaknaan Jawa Pegon Dalam
Memahami Kitab Kuning Di Pesantren, Jurnal Ilmiah Studi Islam.
Van Den End (2016) Ragi Carita 1 Sejarah Gereja Di Indonesia Tahun 1500 – 1860.
Jakarta: Pt Bpk Gunung Mulia.