Pengenalan Penggunaan Alat Uji Daya Dukung Tanah DCP untuk Perencanaan Konstruksi Jalan (Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti SMKN 2 Dumai)

Authors

  • Halimatusadiyah - Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Susy Srihandayani Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Sony Adiya Putra Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.286

Keywords:

Daya Dukung Tanah, DCP, Konstruksi Jalan

Abstract

Abstrak

SMK Negeri 2 Dumai memiliki empat belas (14) jurusan, salah satunya Teknik Bisnis Konstruksi dan Properti. Jurusan ini memiliki mata pelajaran mengenai konstruksi bangunan dan furniture perkayuan, pengukuran tanah, Rancangan Anggaran Biaya (RAB) konstruksi bangunan, laporan pelaksanaan konstruksi bangunan, perencanaan bisnis konstruksi dan properti, pelaksanaan dan pengawasan konstruksi, dan yang berhubungan dengan Teknik Sipil. Selama proses pembelajaran di sekolah selama tiga tahun, ilmu yang di dapat oleh siswa jurusan Teknik Bisnis Konstruksi dan Properti hanya sebatas pengetahuan dasar mengenai perencanaan struktur bangunan khususnya gedung. Sedangkan pengetahuan tentang konstruksi lainnya seperti perencanaan konstruksi jalan lingkungan maupun jalan raya, juga perlu diketahui siswa walaupun secara umum. Salah satunya mengenai penggunaan alat uji daya dukung tanah yaitu Dynamic Cone Penetrometer (DCP) untuk perencanaan konstruksi jalan. Penelitian ini melakukan beberapa kegiatan yaitu memberikan materi, menjelaskan penggunaan alat uji, dan memprakteknya langsung dilapangan. Dari kegiatan yang telah dilaksanakan diperoleh hasil kegiatan yaitu para siswa/i aktif bertanya dan mendengarkan materi dan melaksanakan praktek penggunaan alat uji alat uji Dynamic Cone Penetrometer (DCP) dengan sangat rasa keingintahuan yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Das, B. M. (1985). Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Geoteknis) Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Hakam 2008, Teknik Pondasi, Universitas Andalas Padang.

Hardiyatmo, H. (2002). Mekanika Tanah I. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hendarsin S.L, 2000, Penuntun Praktis Perencanaan Teknik Jalan Raya, Politeknik Negeri Bandung.

Lengkong, P. I. L., Monintja, S., Sompie, O. B. A., & Sumampouw, J. E. R. (2013). Hubungan Nilai CBR Laboratorium dan DCP pada Tanah yang dipadatkan pada ruas Jalan Wori-Likupang Kabupaten minahasa utara. Jurnal Sipil Statik, Vol 5 No.1, hal : 368–376.

Modul Praktikum Mekanika Tanah Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Sriharyani, L dan Oktami, D (2016). Kajian Penggunaan Dynamic Cone Penetrometer (DCP) Untuk Uji Lapangan Pada Tanah Dasar Pekerjaan Timbunan Apron (Studi Kasus Di Bandar Udara Radin Inten II Lampung ). Jurnal Tapak, Vol. 5 No. 2, hal : 89-97.

Susy sri Handayani, Desyanti. (2019). PENGENALAN SOIL INVESTIGASI UNTUK SISWA SMK, 3, 166–170.

Sutanto, R. (2005). Dasar-Dasar Ilmu Tanah Konsep dan Kenyataan.Yogyakarta: Kanisius.

Undang-Undang SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 tentang Pendidikan.

Yandra, A., Nielwaty, E., Herlinda, D., & Faridhi, A. (2021). Pendidikan Politik Dan Civic Culture Pada Ibu-Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 56-62.

Published

2022-06-21

How to Cite

-, H., Srihandayani, S. ., & Adiya Putra, S. (2022). Pengenalan Penggunaan Alat Uji Daya Dukung Tanah DCP untuk Perencanaan Konstruksi Jalan (Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti SMKN 2 Dumai). ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 28-36. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.286