Pemanfaatan Google Classroom untuk Pembelajaran Daring

Authors

  • Joko Kuswanto Universitas Baturaja
  • Abdul Rahman Universitas Baturaja
  • Jum Dapiokta Universitas Baturaja

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.252

Keywords:

Media Pembelajaran, Daring, Google Classroom

Abstract

Masa pandemi covid-19 menjadikan teknologi sebagai hal yang utama, khususnya dunia pendidikan yang dilakukan secara daring. Dengan adanya metode pembelajaran daring, mengharuskan guru, siswa dan orang tua untuk memahami dan memanfaatkan teknologi. Namun tidak sedikit dari guru, siswa dan orang tua yang bingung untuk memahami dan memanfaatkan aplikasi dalam pembelajaran daring, sebagai contoh pembelajaran daring dengan memanfaatkan google classroom. Terkait adanya proses pembelajaran secara daring maka perlu dilakukan penyuluhan dan pelatihan terkait dengan pemanfaatan google classroom untuk pembelajaran daring di desa Batumarta I. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan bagi warga yang ada di desa Batumarta I tentang pemanfaatan google classroom untuk pembelajaran daring. Selain itu, dapat memberikan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan warga dalam mengoperasikan komputer dan smartphone.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Desyanti, Yusrizal, F. S. (2022). Implementasi Algoritma K-Modes Untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring. Building Of Informatics, Technology And Science (Bits), 3(4), 719–727. Http://Doi.Org/10.47065/Bits.V3i4.1401

Husni, N. L. (2017). Pelatihan Penggunaan Internet Secara Tepat Dan Sehat Bagi Guru Dan Siswa Di Mts Ar- Rahman Palembang Guna Meningkatkan Kreativitas Serta Kesadaran Guru Dan Siswa Mengenai Sisi Negatif Internet, 3(1), 127–131.

Kurniawan, B., Purnomo, A., & Wiradimadja, A. (2019). Using Broadcasting Learning Design To Enhance Student ’ S Experiential Skill, 172–180.

Kuswanto, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android, 6(2), 78–84.

Sabran, E. S. (2019). Keefektifan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran, 122–125.

Sari, F., Suhaidi, M., Febrina, W., & Desyanti, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Sempoa Berbasis Teknologi Informasi. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14-19. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.171

Published

2022-06-24

How to Cite

Kuswanto, J., Rahman, A., & Dapiokta, J. (2022). Pemanfaatan Google Classroom untuk Pembelajaran Daring. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 101-106. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.252