Pembinaan Menulis Karya Sastra (Puisi) Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Secara Daring di SMK Kartini Batam

Authors

  • Ricci Gemarni Tatalia Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Aruna Laila Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Emil Septia Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.246

Keywords:

Pelatihan, Menulis, Karya Sastra

Abstract

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh perlunya tambahan kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang sastra di sekolah. Pembelajaran sastra,seperti menulis karya sastra memerlukan latihan agar siswa terbiasa menulis. Dalam hal ini dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pembinaan menulis karya sastra (puisi) secara daring. Kegiatan pengabdian secara daring dipilih karena situasi pandemi yang tidak memungkinkan untuk tatap muka. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMK Kartini Batam dilaksanakan pelatihan menulis karya sastra (puisi). Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan terbimbing sebanyak 4 tahap. Metode dalam pengabdian ini adalah metode kuantitatif. Data dalam penelitian ini berupa hasil tes menulis puisi siswa SMK Kartini Batam. Berdasarkan hasil tes menulis puisi, kemampuan menulis puisi siswa SMK Kartini Batam sebelum pelatihan berada pada kualifikasi cukup (C) dengan rata-rata 63,81. Selanjutnya, kemampuan menulis puisi siswa SMK Kartini Batam setelah pelatihan berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata kemampuan 78,63. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis puisi siswa dengan adanya pelatihan.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Desyanti, Yusrizal, F.S., 2022. Implementasi Algoritma K-Modes Untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 3(4), pp.719–727.

Fadillah, K. dan T.H.K., 2010. Ekstrakulikuler sebagai Wahana Pembentukan Karakter Siswa di Lingkungan Pendidikan Sekolah. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Mumtaazah, S.J., 2021. Pembentukan Kreativitas Santri Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Sastra Puisi di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran (PPTQ) Al-Hikmah 2 Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes,

Rohmadi, M. & Subiyantoro, S., 2017. Bunga Rampai: Model-Model Pembelajaran Bahasa, Sastra, dan Seni, Surakarta: Yuma Pustaka.

Maryanto (2017) Materi Sastra dalam Kurikulum 201. Artikel pada website Badan Bahasa Kemdikbud. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/

Noor, R. M. (2011) Pendidikan Karakter Berbasis Sastra: Solusi Pendidikan Moral yang Efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rohmadi, M. and Subiyantoro, S. (2017) Bunga Rampai: Model-Model Pembelajaran Bahasa, Sastra, dan Seni. Surakarta: Yuma Pustaka.

Syahrul, N. (2017) ‘Pembelajaran Sastra Indonesia dalam Konteks Global: Problematika dan Solusi'. PS PBSI FKIP Universitas Jember.

Urva, G., Pratiwi, M. and Syarief, A. O. (2021) ‘E-Learning berbasis Edmodo untuk Optimalisasi Pembelajaran Pada Masa New Normal’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyaraka, 01(01), pp. 41–47.

Wibowo, A. (2013) Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2022-06-21

How to Cite

Ricci Gemarni Tatalia, Aruna Laila, & Emil Septia. (2022). Pembinaan Menulis Karya Sastra (Puisi) Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Secara Daring di SMK Kartini Batam. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 11-17. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.246