Pelatihan Penyusunan Modul Blended Learning Sebagai Upaya Pembelajaran Kreatif Abad 21

Authors

  • R. Eka Murtinugraha Universitas Negeri Jakarta
  • Ririt Aprilin S Universitas Negeri Jakarta
  • M. Agphin Ramadan Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.215

Keywords:

Modul, Blended Learning, Abad 21

Abstract

Abad ke-21 adalah abad digital. Komunikasi dilakukan melewati batas wilayah negara dengan menggunakan perangkat teknologi yang semakin canggih. Kemajuan teknologi tersebut dirasakan oleh berbagai industri dan manufaktur. Namun dari berbagai bidang yang ada, pendidikan adalah bidang yang paling merasakan dampak positif terhadap kemajuan teknologi dan informasi. Salah satu penerapan pembelajaran abad 21 adalah modul blended learning. Modul berbasis blended learning akan memberikan warna baru yang dapat dengan mudah dilakukan oleh siswa dengan bimbingan guru. Salah satu kelebihan modul blended learning yaitu bahan ajarnya memberikan pengalaman bagi peserta didik dalam belajar mandiri dengan melakukan intruksi-instruksi untuk melakukan tugas dengan bisa mengakses materi-materi secara online. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih peserta dalam menyusun modul Blended Learning yang dapat digunakan pada pembelajaran. Peserta merupakan guru-guru SMKN 6 Kota Bekasi dan SMKN 1 Cikarang Barat sejumlah 45 orang. Peningkatan nilai dari pretest (62,22) ke posttest (69,33) menunjukkan pemahaman peserta mengenai penyusunan modul Blended Learning meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Murtinugraha, R. E. ., Aprilin S, R., & Ramadan, M. A. . (2021). Pelatihan Penyusunan Modul Blended Learning Sebagai Upaya Pembelajaran Kreatif Abad 21. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 79–86. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.215