Literasi Digital Untuk Penjualan Bagi Komunitas UMKM Kuliner Pasar Lama Tangerang

Authors

  • Budi Sudrajat Universitas Bina Sarana Informatika
  • Fahlepi Roma Doni Universitas Bina Sarana Informatika
  • Hasta Herlan Asymar Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.211

Keywords:

Literasi Digital

Abstract

Dimasa pandemi covid-19 yang bisa mengancam kehidupan kita baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat maupun bernegara dan menganjurkan seluruh masyarakat untuk mengurangi kegiatan diluar rumah. Harapannya supaya masyarakat bisa terhindar dari virus corana atau yang lebih dikenal covid-19, maka dari itu kami dari prodi Teknik Komputer Universitas Bina Sarana Informatika melakukan Pengabdian Masyarakat dengan tema atau materi tentang  Dampak Teknologi dan Literasi Digital Bagi Pelaku UMKM untuk penjualan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengan (UMKM), mengapa demikian karena hampir seluruh kegiatan ataupun aktivitas masyarakat dapat dilakukan dirumah. Misalnya dalam kegiatan jual beli dapat dilakukan dirumah, beribadah dirumah, dan juga kegiatan sosial lainnya dan seefektif mungkin kita lakukan di dalam rumah agar kita bisa terhindar dari paparan virus corona atau covid-19 tujuan dari dilakukannya kegiatan ini agar pelaku UMKM khususnya dan masyarakat pada umumnya tetap beraktifitas terutama selama masa pandemi.  Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan yang meningkat bagi peserta, memberikan perubahan dengan meningkatnya omzet dan keuntungan bagi pelaku UMKM dan dapat menambah jumlah wirausaha yang mau bergerak di bidang UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis,6(2), 233-247.

Desyanti D, Febrina Sari, Wetri Febrina, M.A., 2021. Peningkatan Minat dan Skill Kewirausahaan Mayarakat di Kelurahan Bukit Batrem , Kota Dumai. Masyarakat Berdaya dan Inovasi, 2(2), pp.150–158.

Isnanda, E. R., Susanto, A., Mubarok, A. F., M, A. P., Carla, Putra, D. A., Munajat, M. E. (2018). Analisis Penggunaan Media Sosial untuk Mendukung Pemasaran Produk UMKM (Studi Kasus Kabupaten Subang, Jawa Barat). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1-4.

Noer Soetjipto, H. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi Covid-19. Yogyakarta: K-Media.

Satria, D., Arif, M., & Hafrida, E. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Bina Bisnis Online Pemasaran Produk Makanan Dan Reseller Untuk Kelompok Perwiridan Al Mubarok. ABDINE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,1(1), 20-25.

Tahir, T. A. (2021). Perilaku Wirausaha UMKM Sektor Kuliner dalam Perspektif Literasi Digital. Proceeding Teknologi Pendidikan Seminar Daring Nasional (pp. 2-7). Digital Generation for Digital Nation.

Wijoyo, H., Vensuri, H., Widiyanti, M., Sunarsi, D., Haudi, H., Prasada, D., Akbar, I. R. (2021). Digitalisasi UMKM. Insan Cendekia Mandiri.

Akselerasi Pengembangan SDM Digital, Pemerintah Targetkan 50 Juta Penduduk Terliterasi secara Digital hingga 2024. Retrieved September 6, 2021, from http://perpustakaan.kemendagri.go.id/?p=5018

Viva Budi Kusnandar.(2021). Penetrasi Internet Indonesia Urutan ke-15 di Asia pada 2021. Retrieved July 12,2021, from https://databoks.katadata.co.id/

Published

2021-12-08

How to Cite

Sudrajat, B., Roma Doni, F., & Herlan Asymar, H. (2021). Literasi Digital Untuk Penjualan Bagi Komunitas UMKM Kuliner Pasar Lama Tangerang. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 140-146. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.211