Pelatihan Kewirausahaan Bina Bisnis Online Pemasaran Produk Makanan Dan Reseller Untuk Kelompok Perwiridan Al Mubarok

Authors

  • Devit Satria Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Muhammad Arif Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Elisa Hafrida Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.177

Keywords:

Bisnis Online, Pemasaran, Reseller

Abstract

Berdasarkan hasil observasi lapangan dan wawancara (Januari, 2021) dengan  mitra, Yaitu sebuah perkumpulan wirid ibu-ibu yang bernama Al Mubarok di Kelurahan Bukit Nenas. Beranggotakan ibu-ibu yang memiliki beberapa keingainan mempunyai pemasaran bisnis secara online yang baik serta menjadi reseller bisnis online untuk menambah penghasilan mereka. Selama ini lebih terlihat seperti memposting di grup WA dan di Satatus FB maupun IG secara biasa saja. Ada juga pembuatan produk makanan dan kegiatan reseller saja yang belum optimal hasil pendapatannya menurut  pengakuan mitra kegiatan ini. Para peserta sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini, dibuktikan dengan kedatangan mereka yang tepat waktu.. Pelatihan kewirausahaan dilakukan bagi warga Kelurahan Bukit Nenasl  RT 013 untuk dapat berperan serta dalam dunia usaha penjualan maupun produksi makanan basah maupun kering serta produk jualan lainnya. Peserta dapat merancang bisnis online baru mereka, proses dan tahapan pembuatan promosi melalui aplikasi social media sehingga lebih optimal dibandingkan dengan bisnis cara sebelumnya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kelurahan Panggung Lor (2019), “Data Monografi Kelurahan Bulan Januari s/d Juni 2019,” Pemkot Semarang Soegoto,

Eddy Soeryanto. 2009. Enterpreneurship, Menjadi Pebisnis ulung. Kompas Gramedia . Jakarta

Damayanti, C. (2015). Packaging The Brand. Modul pelatihan. Rumah Kemasan Bandung Firzan, M. (2015). Modul Pelatihan Branding Untuk Usaha Kecil Menengah. Modul. Rumah

Aqmala, Diana. (2021). Pemanfaatan E-Comerce Sebagai Media Start Up Bisnis Pada Anak-Anak Panti Asuhan Riyadul Jannah. Abdimasku, 4(1), 55-63.

Arifah, Rani, Normawati, (2021). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai sarana Komersialisasi Produk Kampung Batik Kembang Turi Blitar, Dinamisia,5(1), 253-261

Arif, Muhammad. (2016). Rancangan Teknik Industri, Deepublish, Yogyakarta.

Ernawati. (2021). Peningkatan Keahlian Identifikasi Peluang Usaha Bagi Calon Wirausaha di Kota Kendari, Dinamisia,5(1), 89-96

Gamayanto, Indra. (2021). Pelatihan dan Implementasi Social Media Profilling Untuk Meningkatkan Kompetensi Pada SMA Negeri 3 Semarang, Abdimasku, 4(1), 26-35

Ginting R. (2014) Perancangan Produk, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kurniawan,Andri. (2021). Pendampingan Entrepeaneurship Budidaya Dan Pemasaran Ikan Cupang, Abdimasku, 2(1), 14-19

Nurmianto, Eko. (2014). E-Comerce dan Aplikasinya, Penerbit Guna Widya, Surabaya

Purnomo, Hari. (2012) Media Social Untuk Promosi, Graha Ilmu, Yogyakarta

Wiryosumarto,. Okumura. (2014). Teknologi Promosi Online, Pradniyan Paramita, Jakarta.

Published

2021-06-28

How to Cite

Satria, D., Arif, M., & Hafrida, E. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Bina Bisnis Online Pemasaran Produk Makanan Dan Reseller Untuk Kelompok Perwiridan Al Mubarok . ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 20-25. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.177