E-Learning berbasis Edmodo untuk Optimalisasi Pembelajaran Pada Masa New Normal

Authors

  • Gellysa Urva Mrs
  • Merina Pratiwi Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Amiroel Oemara Syarief Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.176

Keywords:

Covid-19, E-Learning, Edmodo, Pendidikan

Abstract

Abstrak

Dampak dari pandemi covid-19 mengubah banyak hal dalam dunia pendidikan. Sekolah serta Perguruan Tinggi harus melaksanakan pembelajaran daring guna mengurangi penyebaran virus yang membahayakan ini. Terkait hal ini, setiap Pendidik diharuskan menggunakan E-Learning sebagai mediasi pembelajaran yang dilaksanakan secara daring.  Edmodo yang merupakan  suatu Social Learning Network (SLN)/ aplikasi pembelajaran dengan platform media sosial atau layanan online yang memudahkan guru maupun dosen untuk berkomunikasi dengan siswa,mahasiswa dan orang tua. Melalui E-Learning berbasis Edmodo Pendidik dapat membagikan konten, teks, video, pekerjaan rumah dan tugas kepada peserta didik secara online. Aplikasi ini biasa digunakan baik ketika pendidik berada di dalam maupun luar kelas. Bahkan jauh sebelum bumi pertiwi terserang covid-19 para pendidik sudah harus menggunakan sistem pembelajaran gabungan laring serta daring atau umumnya disebut Blended learning. Permalahan yang terjadi lemahnya pendidik dalam penggunaan media e-learning sebagai penunjang proses pembelajaran menjadi tema yang diangkat dalam pelatihan ini. Solusi yang ditawarkan dari pelatihan ini adalah media E-Learning berbasis Edmodo. Tujuan kegiatan pelatihan ini adalah memperkenalkan media E-Learning berbais Edmodo kepada Para Pendidik maupun Orang Tua yang terlibat dalam pembelajaran peserta didik.  Objek kegiatan pelatihan ini adalah Pendidik (Guru atau Dosen) Serta Orang Tua Peserta didik dan yang terkait. Pelatihan dilakukan dalam dua sesi, yaitu pemaparan materi dari tim penulis dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta. Pelatihan ini memberikan banyak manfaat kepada objek pelatihan, hal ini terlihat dari   komitmen  peserta pelatihan tentang rencana penerapan media E-Learning berbasis Edmodo dalam kelas pembelajaran selanjutnya. Hasil evaluasi pelaksanaan pelatihan ini menunjukkan bahwa pelatihan ini bermanfaat untuk menunjang proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah maupun di kampus. Metode pelatihan mampu meningkatkan keterampilan pendidik dalam menggunakan media E-Learning berbasis Edmodo, baik sebagai guru, dosen,siswa, mahasiswa maupun orang tua yang terlibat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165– 174.

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5): 395–402.

Aprilia Riska & Nurdian Yudha, (2020). Pendampingan Dan Peningkatan Kecakapan Guru , Wali Murid , Dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Monsu’ani Tano, 3(2), 86–95.

Dharmawati. (2017). Penggunaan Media E- Learning Berbasis Edmodo dalam Pembelajaran English for Business QUERY : Jurnal Sistem Informasi. Jurnal Sistem Informasi, 1(1), 43–49

G. Ngurah et al., (2019). Pelatihan Media Daring Penunjang Pembelajaran Edmodo di SDN Tulangampiang. Jurnal Ilmiah Populer , 3(2), 37–43

G. S. D. K. Cawas, (2020). Implementasi E-Learning Menggunakan Edmodo bagi Guru-guru SD. Abdimasku, 3(1) 56–64

Mahase, E. (2020). Coronavirus Covid-19 has Killed more People than SARS and MERS combined, Despite Lower Case Fatality Rate. BMJ (Clinical Research Ed.),368(February), m641. https://doi.org/10.1136/bmj.m641

Merona, S. P. (2017). Kombinasi Tutorial dengan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Di Perguruan Tinggi, 6(2), 153–162.

R. D. Sasanti, (2020). Pengajuan Masalah Berbantuan Edmodo Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Di Era Pandemi Covid-19. EULER: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 8(2), 60–69. DOI: https://doi.org/10.34312/euler.v8i2.10417

R. R. Sani, D. W. Utomo, D. Kurniawan, F. I. Komputer, and U. D. Nuswantoro, (2020). Penerapan Edmodo bagi Guru dan Murid SMK Karya Bhakti Brebes sebagai Media Belajar Tambahan. Abdimasku, 3(2), 34–39

Rusdiana, A., Sulhan, M., Arifin, I. Z., & Kamludin, U. A. (2020). Penerapan Model POE2WE Berbasis Blended Learning Google Classroom Pada Pembelajaran Masa WFH Pandemic Covid-19. Karya Tulis Ilmiah UIN Bandung

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34

Zutiasari, W. P. Rahayu, & J. A. Martha, (2021). Pemanfaatan E- Learning Network Edmodo Dalam Pembelajaran. Jurnal Dedication, 5(1), 87–94

Kemendikbud (2020). Cegah Sebaran Covid-19 di Satuan Pendidikan, Kemendikbud Gandeng Swasta Siapkan Solusi Belajar Daring (Siaran Pers BKH Kemendikbud Nomor: 054/SIPRES/A6/ III/2020. 15 Maret 2020).

Downloads

Published

2021-06-29

How to Cite

Gellysa Urva, Pratiwi, M., & Oemara Syarief, A. (2021). E-Learning berbasis Edmodo untuk Optimalisasi Pembelajaran Pada Masa New Normal. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 41–47. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.176