Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Sempoa Berbasis Teknologi Informasi
DOI:
https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.171Keywords:
Matematika, Media Pembelajaran, Sempoa, Teknologi InformasiAbstract
Berhitung merupakan bagian dari kemampuan metematika. Berdasarkan hasil observasi kemampuan berhitung siswa sangat rendah hal ini dilihat dari rendahnya perolehan nilai rata-rata untuk mata pelajaran matematika khususnya materi berhitung. Rendahnya kemampuan berhitung siswa disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode konvensional atau ceramah dalam penyampaian materi. Guru belum maksimal dalam memanfaatkan media pembelajaran, oleh karena itu perlunya sebuah media pembelajaran interaktif bagi guru matematika berbasis teknologi informasi dalam menyampaikan materi. Metode yang digunakan untuk menyelesaaikan permasalahan yakni dengan mengadakan pelatihan pembuatan media pembelajaran yang interaktif berbasis teknologi informasi, hasil dari implementasi media pembelajaran interaktif ini siswa jadi bersemangat belajar matematika dan nilai rata-rata siswa menunjukkan peningkatan dan tidak lagi ditemukan siswa yang memiliki nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Downloads
References
Arda, Saehana, S., & Darsikin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VIII. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 69–77.
Ayuningtyas, A., Setiawan H, A., Pujiastuti, A., Retnowati, N. D., & Indrianingsih, Y. (2018). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu ( SDIT ) Salsabila Al Muthi ’ in Berbasis Multimedia dengan Menggunakan Microsoft Power Point. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Teknologi, Kacanegara, 1(1), 1–6.
Dianto, R., Setiowati, D., Mukaromah, L., Tarbiyah, F., & Bengkulu, I. (2018). Penggunaan Sempoa Untuk Meningkatkan Mental Aritmetika Siswa SD pada Pembelajaran Kabataku. Jurnal Equation, 1(2), 145–152.
Rustyaning, H. L., & Arthana, I. K. P. (2016). Pengembangan Media Komputer Pembelajaran ( CAI ) Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Pokok Kalor Kelas VII-A. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 33–38.
Sari, F., Handayani, T., & Mahmud, S. F. (2019). Peran Pelatihan Desain Grafis dalam Mewujudkan Pemuda Rentan yang Memiliki Keterampilan dan Kemandirian. Unri Conference Series: Community Engagement, 1, 493–498. https://doi.org/10.31258/unricsce.1.493-498
Shofwan, A. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi & Elektro, 5(1), 11–18.
Yazdi, M., Matematika, D. J., & Tadulako, U. (2012). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Foristek, 2(1), 143–152.