Pelatihan Kewirausahaan Bina Bisnis Pembuatan Pot Bunga Kekinian Untuk Masyarakat Perumahan Baruna
DOI:
https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.160Keywords:
entrepreneurship, business development, contemporary flower potsAbstract
Abstrak
Berdasarkan hasil observasi lapangan dan wawancara dengan masyarakat perumahan Baruna tentang bentuk kewirausahaan yang mereka ingin jalankan selama masa pendemi Covid 19 saat ini yang dilakukan pada bulan November 2020 lalu. Diperoleh keinginan untuk membuka bisnis pot bunga kekinian yang lagi tren di media sosial saat itu. Masyarakat atau warga perumahan tertarik untuk memperoleh penjelasan tentang cara berwiraswasta yang mengarah kepada pembuatan pot bunga kekinian, sehingga menawarkan kepada masayarakat untuk membuat pelatihan kewirausahaan dan cara membuat pot bunga kekinian tersebut. Ini penting karena masyarakat perumahan masih belum mengetahui manfaat dan cara detail pembuatan pot bunga tersebut, sebagai salah satu peluang bisinis kedepannya. Maka dibuatlah kegiatan yang memberikan informasi tentang bisnis dan semangat kewirausahaan terhadap usaha penjualan pot bunga kekinian di masyarakat perumahan tersebut melalui suatu kegiatan training dan workshop bina bisnis pembuatan pot bunga kekinian. Setelah kegiatan masyarakat mulai paham dan bisa menjalankan bisnis pembuatan pot bunga yang diajarkan melaui training dengan telah memiliki ilmu dan beberapa teknik pembuatan pot bunga tersebut sebagai sebuah aktifitas kewirausasaan yang baru.
Kata kunci: kewirausahaan, bina bisnis, pot bunga kekinian
Downloads
References
Aqmala, Diana. (2021). Pemanfaatan E-Comerce Sebagai Media Start Up Bisnis Pada Anak-Anak Panti Asuhan Riyadul Jannah. Abdimasku, 4(1), 55-63.
Arifah, Rani, Normawati, (2021). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai sarana Komersialisasi Produk Kampung Batik Kembang Turi Blitar, Dinamisia,5(1), 253-261
Arif, Muhammad. (2016). Rancangan Teknik Industri, Deepublish, Yogyakarta.
Ernawati. (2021). Peningkatan Keahlian Identifikasi Peluang Usaha Bagi Calon Wirausaha di Kota Kendari, Dinamisia,5(1), 89-96
Gamayanto, Indra. (2021). Pelatihan dan Implementasi Social Media Profilling Untuk Meningkatkan Kompetensi Pada SMA Negeri 3 Semarang, Abdimasku, 4(1), 26-35
Ginting R. (2014) Perancangan Produk, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Kurniawan,Andri. (2021). Pendampingan Entrepeaneurship Budidaya Dan Pemasaran Ikan Cupang, Abdimasku, 2(1), 14-19
Nurmianto, Eko. (2014). E-Comerce dan Aplikasinya, Penerbit Guna Widya, Surabaya
Purnomo, Hari. (2012) Media Social Untuk Promosi, Graha Ilmu, Yogyakarta