Pelatihan Proses Pembuatan Kompos Dari Sampah Organik Di Smp Muhammadiyah Dumai

Authors

  • Trisna Mesra Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Melliana Melliana Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Fitra Fitra Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.159

Keywords:

Proses, Kompos, Organik

Abstract

Program Pengabdian Masyarakat ini bermitra dengan Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Dumai. Program pengabdian masyarakat ini sangat penting untuk dilaksanakan dikarenakan akan dapat membantu anak-anak untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan proses pembuatan kompos organik. Sehingga siswa-siswi SMP bisa mempraktekkan di sekolah dan dirumah serta lingkungan mereka berada. Dimana kompos ini akan dapat dimanfaatkan untuk tanaman hias di sekolah dan tanaman sayuran dirumah siswa masing- masing. Dengan terlaksananya program pengabdian masyarakat ini, tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat Sekolah Tinggi Teknologi Dumai memberikan skill tentang cara pembuatan kompos dengan memanfaatkan sampah-sampah dedauanan yang berasal dari pohon-pohon di sekolah dan ini merupakan salah satu bekal pengetahuan bagi mereka apabila mereka telah menjalani kehidupan nantinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firmansyah.M.A. (2010). Teknik Pembuatan Kompos. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Tengah.

Hananingtyas Izza. (2020). Implementasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Melalui Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos., Jurnal As-Syifa, Jurnal pengabdian dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, Vol 1 no 2.

Mussa Sebastiao, Setiyo Yohanes dan Widia I Wayan, (2016). Pengaruh Perbandingan Jerami dan kotoran sapi Terhadap Profil Suhu dan Karakteristik Pupuk Kompos Yang Dihasilkan., Jurnak Beta (Biosistem dan Teknik Pertanian) Volume IV Nomor 2.

Simamora, S dan Salundik. 2006. Meningkatkan Kualitas Kompos. Cetakan pertama, Agromedia Pustaka. Jakarta.

Sofian, 2006. Sukses Membuat Kompos dan Sampah. Agromedia Pustaka, Jakarta

Sutejo, M. M. 2002. Pupuk dan Cara Penggunaan. Jakarta: Rineka Cipta

Sutrisno Endro dan Priyamda Ika bagus. (2019). Pembuatan pupuk kompos limbah kotoran sapi dengan metoda fermentasi menggunakan Bioaktivator sturbio. Jurnal Pasopati Volume 1 no 2 tahun 2019.

Suwatanti, EPS dan Widiyaningrum,P.(2017).Pemanfaatan MOL Limbah Sayur Pada Proses Pembuatan Kompos, Jurnal MIPA , 40(1), 1-6

Utomo Budi.(2018). Evaluasi pembuatan Kompos Organik Dengan Menggunakan Metode Hot Composting., e-journals.Ummul.ac.id Volume 2 nomor 01.

Veronika N, Dhora A, dan Wahyuni S. (2019). Pengolahan Limbah Batang Sawit menjadi Pupuk kompos dengan Menggunakan Dekomposer Mikroorganisme Lokal (MOL) Bonggol Pisang. Jurnal Teknologi Hasil Pertanian vol 29 no 2 :154-161.

Published

2021-06-28

How to Cite

Mesra, T. ., Melliana, M., & Fitra, F. (2021). Pelatihan Proses Pembuatan Kompos Dari Sampah Organik Di Smp Muhammadiyah Dumai. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.159