Analisis Kepuasan Pelanggan Surat Kabar Dumai Pos Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD)
DOI:
https://doi.org/10.52072/unitek.v10i1.72Kata Kunci:
Kepuasan, Quality Function Deployment, surat kabar, Dumai PosAbstrak
PT. Dumai Intergrafika Pers adalah perusahaan yang berkecimpung dalam
usaha pemberitaan surat kabar, dengan nama surat kabar Dumai Pos. Surat kabar
Dumai Pos terbit setiap hari dengan16 halaman dan termasuk surat kabar yang
beroplah terbesar rantau Riau pesisir. Untuk mempertahankan dan lebih
meningkatkan lagi jumlah pelanggan, maka pihak perusahaan harus mengetahui
apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan dari pelanggan.
Penelitian dilakukan untuk mendesain suatu rancangan terhadap keinginan
pelanggan agar dapat menginginkan kepuasan pelanggan. Data penelitian diperoleh
dari wawancara dan penyebaran kuesioner kepada sampel penelitian. Dari hasil
kuesioner didapatkan sebanyak 25 atribut kebutuhan pelanggan surat kabar Dumai
Pos yang terbagi atas 7 variabel, yaitu variabel penampilan halaman depan, sajian
berita utama, akurasi berita, formasi ulasan berita, kualitas gambar yang
digunakan, susunan layout dari isi surat kabar, dan porsi halaman iklan. Dan
diperoleh 6 Technical Responses yang merupakan jawaban dari atribut kebutuhan
pelanggan. Data tersebut diterjemahkan kedalam matriks House of Quality (HOQ),
untuk mengetahui atribut kebutuhan dengan bobot kepentingan tertinggi, tingkat
kepuasan, dan rank of column weight serta target dari setiap Technical Responses.
Fokus utama perbaikan dari hasil penelitian adalah judul berita yang
menarik, dengan bobot kepentingan = 4,67. Perbaikan ini dapat dilakukan dengan
cara karyawan dituntut lebih kreatif membuat judul.