Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Tingkat Pelayanan Puskesmas Medang Kampai Dengan Menggunakan Metode Kano

Penulis

  • Trisna Mesra Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/unitek.v9i2.65

Kata Kunci:

Satisfaction, Puskesmas, Kano

Abstrak

Puskesmas sebagai salah satu institusi pemberi pelayanan kesehatan harus mampu memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dimana kepuasaan pada diri tiap pasien dapat dirasakan bila harapan dan kebutuhan pasien terpenuhi. Penelitan ini bertujuan untuk menentukan tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan Puskesmas Medang Kampai, digunakan metode kano untuk mengelompokan customer requirement ke dalam lima kategori yaitu must be, one dimensional, attraktive, indifferent dan reverse. Hasil pengolahan data dan analisis yang telah dilakukan didapat kesimpulan bahwa atribut yang mempengaruhi kepuasaan pelayanan pasien Puskesmas Medang Kampai adalah Kecepatan merespon keluhan pasien, keteraturan lapangan parkir, kebersihan lingkungan Puskesmas, kerapian penampilan petugas, perhatian petugas terhadap pasien, kebaikan fasilitas Puskesmas, keramahan dan kesopanan petugas. Sedangkan atribut yang mempengaruhi ketidakpuasan pasien Puskesmas Medang Kampai adalah pihak puskesmas kurang cepat merespon keluhan pasien. Kondisi fisik fasilitas, puskesmas harus akurat dalam pelayanan.Perbaikan yang harus dilakukan adalah prosedur pelayanan, lingkungan puskesmas, kondisi lapangan parkir dan perhatian petugas pada pasien.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-01-09

Cara Mengutip

Mesra, T. (2017). Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Tingkat Pelayanan Puskesmas Medang Kampai Dengan Menggunakan Metode Kano. JURNAL UNITEK, 9(2), 61–68. https://doi.org/10.52072/unitek.v9i2.65

Terbitan

Bagian

Articles