Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Puskesmas Purnama Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai

Penulis

  • Fitra Fitra Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/unitek.v9i2.58

Kata Kunci:

Kepuasan, puskemas purnama, servqual

Abstrak

Puskesmas sebagai salah satu institusi kesehatan harus mampu memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu bagi pasien. Kepuasan pada tiap diri pasien dapat dirasakan bila harapan dan kebutuhan pasien dapat terpenuhi, namun bila sebaliknya yang terjadi, maka pasien akan merasakan ketidakpuasan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pasien puas terhadap pelayanan Puskesmas Purnama Kecamatan Dumai Barat kota Dumai. Metode Servqual digunakan untuk menganalisa hasil penyebaran 100 kuesioner yang di isi oleh pasien Puskesmas Purnama dari 25 pertanyaan yang terkelompok dalam 5 dimensi yaitu: tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphatybaik untuk kategori harapan maupun kenyataan pelayanan yang dirasakan oleh pasien. Hasil uji validalitas dan reliabilitas untuk 25 variabel kenyataan dan harapan kuesioner servqualdinyatakan valid dan reliabel sedangkan dari hasil perhitungan nilai servqual untuk setiap dimensi antara kenyataan dan harapan yang di peroleh pasien terhadap kinerja pegawai Puskesmas Purnama untuk dimensi tangibles adalah 0,01, dimensi reliability adalah 0,07, dimensi responsiveness adalah 0,1, dimensi assurance adalah 0,08 sedangkan dimensi emphaty adalah 0,12. Berdasarkan nilai servqual disimpulkan bahwa kinerja pegawai Puskesmas Purnama memuaskan karena nilai servqual yang diperoleh > 0 untuk setiap dimensi servqual dan harus dipertahankan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-01-09

Cara Mengutip

Fitra, F. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Puskesmas Purnama Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai. JURNAL UNITEK, 9(2), 9–15. https://doi.org/10.52072/unitek.v9i2.58

Terbitan

Bagian

Articles