Simulasi Putaran Kritis pada Poros dengan Beban Alat Uji Putaran Kritis Menggunakan Software ANSYS

Penulis

  • Muhamad Fitri dimasdwi110@gmail.com
  • Dimas Dwi Saputra Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.52072/unitek.v16i1.561

Kata Kunci:

Poros, Kecepatan Putaran kritis, Simulasi Ansys, Alat Uji Putaran Kritis

Abstrak

Poros merupakan sebuah komponen mesin  yang berfungsi untuk  meneruskan daya. untuk menganalisis getaran dan menentukan batas operasi yang aman dari mesin yang berputar, perlu diketahui putaran kritis. Putaran kritis pada poros dapat dipelajari dengan menggunakan alat uji putaran kritis. Sebelum alat ini digunakan untuk praktikum, terlebih dahulu dilakukan simulasi putaran kritis pada poros. Di mana fungsi dari simulasi ini yaitu mengetahui nilai putaran kritis yang selanjutnya digunakan untuk menentukan spesifikasi motor yang sesuai putarannya harus di atas putaran kritis sehingga alat yang di desain dapat menampilkan terjadinya putaran kritis. Pemodelan yang digunakan yaitu disk serta 2 macam poros dengan panjang 600mm dan 1000mm menggunakan parameter kecepatan sampai 6000 RPM. Untuk pengujian hasil poros diberikan beban/disk di tengah poros panjang 600mm memiliki kecepatan putaran kritis 2771,5 RPM sedangkan panjang poros 1000mm memiliki kecepatan putaran kritis 1174,6 RPM. Maka dengan hasil simulasi dan teori tersebut, alat uji putaran kritis harus menggunakan spesifikasi motor dengan kecepatan 4080 RPM supaya alat tersebut dapat menampilkan putaran kritis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Muhamad Fitri, dimasdwi110@gmail.com

 

 

Dimas Dwi Saputra, Universitas Mercu Buana

 

 

Referensi

Anggara, F, (2020). Validasi Nilai Simulasi Faktor Keamanan pada Putaran Kritis Poros ST41. Quantum Teknika: Jurnal Teknik Mesin Terapan, 2(1), 32-37, https://doi.org/10.18196/jqt.020120

Damanik, F. R., & Fitri, M. (2022). Design Optimization of Composite Resin Pelton Turbine Bucket Using Solidworks. 12.

Ibriza, F., & Elbi, W. (2022). Perancangan Poros Pada Mesin Pengurai Limbahkelapa Muda. 2(12), 4179–4186.

Jatmoko, awali; A. (2014). Analisa Kegagalan Poros Dengan Pendekatan Metode Elemen Hingga. Turbo, 2(2), 1–6.

Perkins, H. J., & Herlock, J. H. (1974). Aerodynamic Analysis of Fiberglass E-Falco Car Body To Get Drag Coefficient With Numerical Analysis. Gec J Sci Technol, 41(2–3), 43–52.

Pranoto, H., Fitri, M., & Sudarma, A. F. (2021). Analisis Statik Pelat Penyambung pada Ladder Frame Chassis Untuk Kendaraan Pedesaan Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga. Rotasi, 23(1), 18–23.

Solichin, M., Laksana Guntur, H., Hendrowati, W., Annisa, A., & Daman, A. (2015). Analisa Efek Whirling pada Poros karena Pengaruh Letak Beban dan Massa terhadap Putaran Kritis. 364(Snttm Xiv), 7–8.

Zaki, A., Hartono, B., & Sutoyo, E. (2018). Analisa Getaran Bearing Berbasis Variasi Jarak Penyangga Pada Alat Uji Putaran Kritis. AME (Aplikasi Mekanika Dan Energi): Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 4(1), 9. https://doi.org/10.32832/ame.v4i1.986

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Fitri, M., & Saputra, D. D. (2023). Simulasi Putaran Kritis pada Poros dengan Beban Alat Uji Putaran Kritis Menggunakan Software ANSYS. JURNAL UNITEK, 16(1), 103–114. https://doi.org/10.52072/unitek.v16i1.561

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama