Analisis Jarak Pengereman Laju Kereta Api untuk Mencapai Kecepatan Minimum pada Saat Emergency on Track
DOI:
https://doi.org/10.52072/unitek.v15i2.455Kata Kunci:
Persamaan Minden, pengereman, kereta apiAbstrak
Proses perjalanan lalu lintas kereta api tentu tidak mungkin bisa lepas dari kemungkinan adanya permasalahan baik itu di lapangan maupun di track kereta api tersebut. Tentunya hal tersebut bersifat emergency bagi lalu lintas kereta api. Pada dasarnya kereta api tidak bisa melakukan pengereman secara mendadak karena kereta api membutuhkan jarak yang relatif jauh untuk dapat melakukan pengereman secara efektif sehingga terlambatnya kereta api dalam melakukan pengereman saat kondisi emergency tersebut dapat berpotensi kecelakaan. Untuk mengetahui jarak pengereman kereta api, dapat dihitung dengan menggunakan persamaan Minden. Penelitian ini membahas tentang jarak pengereman dengan beberapa macam tipe lokomotif dengan rangkaian kereta penumpang maupun gerbong barang sampai berhenti yang dihitung dengan persamaan Minden, serta menghitung jarak perlambatan untuk melintas dengan kecepatan aman yaitu antara 5 km/jam sampai dengan 30 km/jam. Hasil dari perhitungan tersebut ditampilkan dalam grafik.
Unduhan
Referensi
Aditya, R., 2017. Tugas Makalah Riset Oprasir Makalah Tugas 2 dan 3 (Moda Transportasi). Universitas Gunadarma
Atmaja, S. PJNN., 2015. Rekayasa Jalan Kereta Api. Yogyakarta: LP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Association of American Railroads (AAR), 2007, National Rail Freight Infrastructure
Barney, D., 2001. Calculating Train Braking Distance. Signal and Operational
System Queensland Rail. Australian Computer Society, Inc. Australia.
Volume 3, Nomor 1.
Degrande, G., 2001. Free Field Vibrations During The Passage of a Thalys High-
Speed Train at Variable Speed. Journal of Sound and Vibration. Belgium.
Volume 247, Nomor 1
Faisal, Z., 2011. Soft Braking System Pada Roda Prototip Kereta Api Dengan
Menggunakan Fuzzy Logic Controller [Thesis]. Semarang. Universitas
Diponegoro.
Galvin, P., 2010. Fully Three-dimensional Analysis of High-speed-train-track-soil-
structure Dynamic Interaction. Journal of Sound and Vibration. Spain.
Volume 329, Nomor 24.
Pambudy, A., 2013. Analisis Display Sinyal Kereta Api di Stasiun Langen. Jurnal
Ilmiah, Keilmuan dan Penerapan Teknik Industri. Universitas Sultan Ageng
Tirtayasa. Volume 1, Nomor 1.
Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1998 tentang Prasarana dan Sarana Kereta
Api
Praditha, E., 2012. Desain Dan Analisa Gerbong Kereta Api Pengangkut Batu
Ballast Dengan Metode Elemen Hingga [thesis]. Semarang. Universitas
Diponegoro. Republik Indonesia, 2012. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 60 Tahun 2012 tentang Persyaratan Teknis Jalur Kereta Api
Prakosa, B., 2015. Tanggung Jawab Hukum Pt. Kereta Api Indonesia Terhadap
Kerugian Penumpang Akibat Kecelakaan Kereta Api. Yogyakarta.
Universitas Atma Jaya.
Salim, A. 2004. Manajemen Transportasi, Jakarta: Radja Grafindo
Schrader, Herman J., 2007. The Friction of Railway Brake Shoes at High Speed and High Pressure. University of Illinois Bulletin. Illinois. Volume XXXV, Nomor 72.