Rancang Bangun Game Labirin Menggunakan Algoritma A Star Berbasis Mobile

Penulis

  • Nur Budi Nugraha Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/unitek.v11i2.36

Kata Kunci:

Game, Stage, Labirin

Abstrak

Game adalah sebuah permainan dengan tujuan bersenang-senang dan mengisi waktu luang. Dalam perkembangannya game yang dulu dimainkan di halaman rumah bersama teman-teman sekitar lingkungan, dan kini semakin berkurang dengan berkembangnya teknologi dan permainan-permainan tradisional sudah berganti dengan permainan-permainan modern. Salah satu permainan klasik yang hingga saat ini masih sangat digemari adalah labirin. Labirin biasanya berawal dari sebuah jalur yang merupakan jalur buntu, dan hanya satu jalur yang merupakan jalan keluar, namun untuk membuat menarik, labirin dapat dibuat berujung banyak atau memiliki banyak jalan keluar sehingga misi penyelesaian masalah bertambah yang semula hanya satu jalan keluar menjadi banyak, terlebih lagi bila ada beberapa musuh yang menghalangi jalan keluar. Perancangan game labirin dengan menggunakan algoritma A Star ini dilakukan melalui tahap-tahap berikut: 1) tahap pengumpulan data, 2) tahap analisa dan perancangan, 3) implementasi dan evaluasi game. Hasil dari penelitian ini adalah game labirin terdiri dari 3 stage, dimana pada masing-masing stage mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda sehingga dapat mengasah kecerdasan pemain dalam menyelesaikan misi setiap stagenya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-08-12

Cara Mengutip

Budi Nugraha, N. . (2020). Rancang Bangun Game Labirin Menggunakan Algoritma A Star Berbasis Mobile. JURNAL UNITEK, 11(2), 130–143. https://doi.org/10.52072/unitek.v11i2.36

Terbitan

Bagian

Articles