Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Mobile Pada Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
DOI:
https://doi.org/10.52072/unitek.v11i1.25Keywords:
Perpustakaan, Structured Systems Analysis and Design Method, MobileAbstract
Perpustakaan merupakan tempat yang banyak digunakan mahasiswa untuk
mencari informasi didalam memecahkan suatu masalah yang ditemui pada proses
pembelajaran. Pemanfaatan teknologi aplikasi berbasis android sangat membantu
perpustakaan dalam memberikan pelayanan sirkulasi perpustakaan yang cepat,
akurat, real time dan up to date. Metode yang digunakan untuk rancang bangun
prototype perancangan sistem informasi sirkulasi perpustakaan berbasis mobile
menggunakan metode waterfall dan menggunakan pendekatan Structured Systems
Analysis and Design Method (SSADM).
Algoritma yang digunakan pada proses pencarian pustaka melalui teks
menggunakan algoritma boyer moore sehingga proses pencarian data akan menjadi
lebih cepat. Pengujian dilakukan dalam rangka melakukan verifikasi dan validasi
perangkat lunak. Proses verifikasi dilakukan dengan melakukan pengujian white box
sedangkan proses validasi dilakukan dengan melakukan pengujian black box.
Pengujian usabilitydigunakan untuk menentukan tingkat kegunaan dari sebuah
aplikasi dan merupakan kunci keberhasilan sebuah produk dengan syarat
penerimaan pengguna. Pengujian usability pada penelitian ini mencakup 4 aspek
utama learnability, flexibility, effectiveness, dan attitude.
Penelitian yang dilakukan mampu menghasilkan perancangan sistem
informasi perpustakaan berbasis mobileandroid menggunakan metode waterfall
dengan pendekatan Structured System Analysis and Design Method (SSADM). Fitur
yang ada pada sistem sangat memudahkan user dalam mendapatkan berbagai
informasi mengenai pelayanan perpustakaan.