Sistem Informasi Pengenalan Batik Jambi Berbasis Android pada Sangar Batik Olak Kemang Kota Jambi

Penulis

  • Mulyadi Rusli universitas nurdin hamzah
  • Teuku Djauhari Universitas Nurdin Hamzah
  • Fattachul Huda Aminuddin Universitas Nurdin Hamzah
  • Junaidi Surya Universitas Nurdin Hamzah

DOI:

https://doi.org/10.52072/unitek.v15i1.347

Kata Kunci:

Sistem Informasi, Aplikasi Android, Olak Kemang

Abstrak

Peranan penting dalam perkembangan sistem Informasi pengenalan motif batik di daerah olak kemang kota jambi berbasis android pada era sekarang ini. Batik merupakan budaya daerah yang unik, dan memiliki simbol. Batik juga memiliki banyak filosofi yang sangat mendalam. Dengan kehidupan yang modern saat ini sebenarnya kita dimudahkan dengan teknologi informasi yang semakin berkembang yang dapat membantu dalam melakukan beberapa aktivitas waktu dimanapun dan kapanpun. Demikian halnya proses mencari informasi tentang cara merawat batik yang benar serta motif apa yang ada pada batik tersebut. Olak Kemang Kota Jambi mendapat julukan kota batik, karena batik olak kemang memiliki corak yang khas dan variatif. Oleh karena itu. Penelitian ini menggunakan data spasial dan non spasial berupa nama toko batik, nama pemilik, nomor telepon, alamat, dan produk yang dijual dengan memanfaatkan popularitas smartphone Android sebagai program sistem informasinya. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan kerangka android SDK, bahasa pemrograman java dan PHP, MySQL sebagai basis data. Hasil akhir dari penelitian ini adalah aplikasi Android sistem informasi motif batik olak kemang di Kota Jambi yang berisi informasi motif batik yang ada di olak kemang Kota Jambi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hasanah, Huswatun, Rizki Fatullah, and Ilham Ilahi. 2021. “Rancang Bangun Sistem Informasi Jasa Laundry Pada Rumah Laundry Berbasis Android.” Jurnal Unitek 14(2): 1–9.

Kurniadi, Erik, and Rika Nugraha. 2021. “Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Batik Tulis Paseban Berbasis Android.” Nuansa Informatika 15(1): 58.

Mulyadi. 2019. “Modul Metotodologi Penelitian 2019.” In Modul Metode Penelitian, , 1–48.

Mulyadi, Muhammad. 2011. “Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Mengabungkannya.” Studi komunikasi dan media 15(1): 127–38.

Mulyadi Rusli1, Fery Purnama2. 2019. “Pengembangan E-Learning Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan.” joise 3(2): 57–63.

Ramadhani, Sarah Putri, Fariha Eridani Naufalina, and Olivine Alifaprilina Supriadi. 2020. “Perancangan Website Kamus Batik Sebagai Media Informasi Untuk Kampung Batik Laweyan Solo.” eProceedings of Art & Design 7(2): 2740–44.

Rusli, M, T Djauhari, and ... 2021. “Sistem Informasi Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Simulasi Digital Pada SMK Revany Indra Putra.” Jurnal Sistem … 3: 134–40.http://ejurnal.stmik-

Rusli, Mulyadi, and Louis Antonius. 2019. “Meningkatkan Kognitif Siswa SMAN I Jambi Melalui Modul Berbasis E-Book

Surya, Junaidi, and Ferdy Arie Pangestu. 2021. “Aplikasi E-Raport Dalam Pelaporan Hasil Belajar Peserta Didik SMAN 8 Tanjung Jabung Timur Berbasis Android.” Seminar Nasional Informatika (SENATIKA) 2021: 330–41.

Diterbitkan

2022-06-27

Cara Mengutip

Rusli, M., Djauhari, T., Aminuddin, F. H., & Surya, J. (2022). Sistem Informasi Pengenalan Batik Jambi Berbasis Android pada Sangar Batik Olak Kemang Kota Jambi. JURNAL UNITEK, 15(1), 105-113. https://doi.org/10.52072/unitek.v15i1.347

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama