Desain Metaverse : The Future of Tourism Pariban Berbasis Augmented Reality Menggunakan Metode Markerless User Defined Target
DOI:
https://doi.org/10.52072/unitek.v16i2.668Keywords:
Metaverse, Pariban, Augmented Reality, Markerless User Defined TargetAbstract
Pariban atau lebih lengkapnya dikenal dengan Wisata Pemandian Air Panas Pariban merupakan salah satu objek wisata iconic yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Pariban sendiri memiliki lokasi area yang luas, dan menawarkan pemandangan alam berupa Gunung Sibayak. Hal ini yang menjadi daya tarik tersendiri dari Pariban. Augmented Reality atau AR merupakan teknologi yang dapat menvisualisasikan dunia maya terhadap dunia nyata dalam bentuk penggabungan dari objek 2D atau 3D. Teknologi AR ini merupakan salah satu teknologi yang terpenting dari 2 teknologi (Virtual Reality / VR dan Cloud Computing) lainnya untuk memasuki era Metaverse. Markerless user defined target merupakan salah satu metode dari AR yang dapat digunakan saat melakukan tracking yang dapat berfungsi sebagai pembaca permukaan datar, jarak, bentuk objek, sudut kamera ataupun cahaya. Urgensi dari penelitian ini adalah membangun aplikasi AR Pariban yang diharapkan dapat menyongsong datangnya masa depan pariwisata di era Metaverse
Downloads
References
Aryanti, Nurul, Bagus Haryono, and Veronika Genua. 2022. Sistem informasi dan teknologi digital era Metaverse Sistem Informasi Dan Teknologi Digital Era Metaverse.
Ayu, Riyanti Diyah. 2022. “Optimalisasi Pariwisata Berbasis Metaverse Sebagai Upaya Revitalisasi Konsep Pariwisata Berkelanjutan.” : 1–3. https://www.kompasiana.com/diyah76831/636aea303788d40f2a436a02/optimalisasi-pariwisata-berbasis-metaverse-sebagai-upaya-revitalisasi-konsep-pariwisata-berkelanjutan.
Buhalis, Dimitrios, and Nurshat Karatay. 2022. Information and Communication Technologies in Tourism 2022 Mixed Reality (MR) for Generation Z in Cultural Heritage Tourism Towards Metaverse.
Damayanti, Fera, Fauzan Fauzan, Nurwulan Nurwulan, and Rismayanti Rismayanti. 2023. “Implementasi Augmented Reality Metode Marker Dalam Pengenalan Cryptocurrency.” Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer) 22(1): 120.
Edy, Rachmat, Haida Dafitri, and Septiana Dewi Andriana. 2022. “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Atribut TNI Angkatan Darat Berbasis Android.” Journal of Information System Research (JOSH) 4(1): 253–60.
Gusman, Randy, and Meyti Eka Apriyanti. 2016. “Analisis Pemanfaatan Metode Markerless User Desined Target Pada Augmented Reality Sholat Shubuh.” Jurnal Infotel 8(1): 64–70. https://media.neliti.com/media/publications/104637-ID-none.pdf.
Lubis, Ihsan, Hediningtias Wulaningrum, and Septiana Dewi Andriana. 2022. “Augmented Reality Pengenalan Lingkungan Kampus II Universitas Harapan Medan Dengan Metode Markerless.” Jurnal Krisnadana 2(1): 233–42.
Mustika. 2018. “Rancang Bangun Aplikasi Sumsel Museum Berbasis Mobile Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (Mdlc).” Jurnal Mikrotik 8(1): 1–14.
Narin, Nida Gökçe. 2021. “A Content Analysis of the Metaverse Articles.” Journal of Metaverse 1(1): 17–24.
Wiryatama, Gede Ari, and Nyoman Dini Andiani. 2019. "Analisis Kekuatan Dan Kelemahan Obyek Wisata Air Panas Penatahan Tabanan Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan". Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata 1(2): 90.