Analisis Preventive Maintenance pada Mesin Heater Kernel dengan Metode Mean Time Between Failure dan Mean Time To Repair

Authors

  • Wirda Novarika Universias Islam Sumatra Utara
  • Mahrani Arfah Universitas Islam Sumatera Utara
  • Ridho Agustian Universitas Islam Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.52072/unitek.v16i2.544

Keywords:

Mean Time Between Failure (MTBF), Mean Time To Repair (MTTR), Preventive Maintenance.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meminimalisir dan mengetahui jadwal Preventive Maintenance mesin Heater Kernel yang efektif dan mengetahui sejauh mana Preventive Maintenance pada mesin Heater Kernel dengan metode Mean Time Between Failure (MTBF) dan Mean Time To Repair (MTTR) dapat membantu mengurangi Breakdown dan downtime. Mean Time Between Failure (MTBF) dan Mean Time to Repair (MTTR) adalah salah satu metode sebagai acuan untuk menetapkan jadwal perawatan yang efektif. Oleh karena itu perlu tindakan preventive maintenance agar dapat meningkatkan kinerja dari perusahaan, hasil analisa didapatkan nilai Mean Time Between Failure (MTBF) 18.830 menit,  yang mana hasil perhitungan ini didapat dari menghitung waktu mesin selesai diperbaiki sampai mesin mengalami kerusakan kembali dan Mean Time to Repair (MTTR) 257 menit, yang dihasilkan dari perhitungan mekanik mulai memperbaiki mesin sampai mekanik selesai memerbaiki mesin. Hasil penerapan tindakan preventive maintenance rata-rata 79,80% sehingga mesin mampu bekerja secara optimal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ibrahim, A., & El-Nafaty, A. U. (2016). Assesment Of The Reliability Of Fractionator Column OF Kaduna Refinery Using Failure Mode Effect and Critically analysis. American Journal of Engineering Research, Vol.5 , Hal.101-108.

Info, S. (2019). Analisis Sistem. Retrieved April 15, 2019, from Sinao Info: ttp://www.sinao.info/analisis-sistem.html

Kurniawan, F. (2013). Teknik dan Aplikasi Manajemen Perawatan Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pillay, A., & Wang, J. (2003). Modified Failure Mode Effect and Analysis Using Approximate Reasoning. Reliability Engineering System and Safety, Vol. 79, Hal. 69-85.

Praharsi, Y., Sriwana, I. K., & Sari, M. D. (2015). Perancangan Penjadwalan Preventive Maintenance Pada PT. Artha Prima Sukses Makmur. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 14, Hal. 59-65.

Sudrajat, A. (2011, Desember 07). Manajemen Perawatan Mesin Industri. Bandung: Refika Aditama.

Suhara, D., Sumiardi, & Sumiardi, D. (n.d.). Analisa Sistem Penjadwalan Perawatan Mesin Departemen Utility Di PT. Indorama Synthetics Tbk Dengan Menggunakan Metode MTBF, Vol. 4, Hal. 2.

Susanto, G. (2018). Analisa Sistem Penjadwalan Perawatan Mesin EFI-DB3 Dengan Menggunakan Metode Mean TIme Between Failure (MTBF) Di PT GT Plant R. Tangerang: Fakultas Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Tanurahardja, W. O. (2009). Penjadwalan Preventive Maintenance di PT. Wahana Lentera Raya. Widya Teknik, Vol. 8, Hal. 86-96.

Winata, I. A., Prayogo, D. N., & Hidayat, A. (2013). Penjadwalan dan Perawatan dan Penggantian Spare Parts di PO. X. Calyptra Jurnal Ilmiah Universitas Surabaya, Vol. 2, Hal. 1-12.

Published

2023-12-28

How to Cite

Novarika, W., Arfah, M., & Ridho Agustian. (2023). Analisis Preventive Maintenance pada Mesin Heater Kernel dengan Metode Mean Time Between Failure dan Mean Time To Repair. JURNAL UNITEK, 16(2), 259 - 267. https://doi.org/10.52072/unitek.v16i2.544