Analisis Sistem S-Commerce pada Tiktok Shop untuk Meningkatkan Daya Saing Menggunakan Metode SWOT

Authors

  • Kevin Simanjuntak Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rianita Puspita Sari Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.52072/unitek.v16i1.476

Keywords:

S-Commerce, TikTok Shop, SWOT

Abstract

Internet telah menjadi teknologi yang banyak digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari karena meningkatnya penggunaan internet saat ini. Baik pemasar internet maupun klien sendiri menikmati kenyamanan belanja online di mana mereka memiliki akses ke berbagai alat sosial dan berbelanja online. Sebagai social commerce yang memiliki reputasi mendunia, TikTok Shop bukan satu-satunya pemain di sektor bisnis. Agar dapat bertahan di tengah persaingan digital yang cepat. Oleh karena itu akan dilakukan analisis dengan menggunakan metode SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan,peluang atau bahaya yang dapat terjadi di Tiktok Shop. Dari hasil tersebut diharapkan bisa mengurangi kelemahan dan bahaya, serta meningkatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki Tiktok dengan mempraktikkan strategi S-O, WO, S-T, dan WT.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Kevin Simanjuntak, Universitas Singaperbangsa Karawang

 

 

 

Rianita Puspita Sari, Universitas Singaperbangsa Karawang

 

 

References

Simbolon, RA, Aryansyah, R, & .(2022). Pengaruh Analisis Swot Dalam E-Business (Studi Kasus E-Business Shopee Dikalangan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Insight Management, Journals. Insightpub.org. https://doi.org/10.47065/imj.v2i2.126

Gudiato, C, Sediyono, E.(2022). Analisis Sistem E-Commerce Pada Shopee Untuk Meningkatkan Daya Saing Menggunakan Metode Swot. Journal of Information. https://doi.org/10.46229/jifotech.v2i1.294

Rangkuti, F.(2013). Analisis Swot : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama

Hajli, N., Sims, J.(2015). Social Commerce: The Transfer Of Power From Sellers To buyers. Technological Forecasting And Social Change 94, 350-358.https://doi.org/10.1016/J.Techfore.2015.01.012

Wang, Y., Herrando, C. (2019). Does Privacy Assurance On Social Commerce Sites Matter To Millenials, 44,164-177. htttps://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2018.10.016

Wang, C, Zhang, P.(2012). The Evolution Of Social Commerce : The People, Management Technology, And Information Dimensions. Introduction II. A Framework Of People, Managem. Communications Of The Association For Information Systems, 31(5),105-127.https://doi.org/10.17705/1CAIS.03105

Turban, E., Outland, J. King, D., Lee, J.K, Liang, (2018). Social Commerce : Foundations , Social Marketing, And Adversiting Electronic Commerce, 285-324

Ng, c. s. p. (2013). Intention To Purchase On Social Commerce Websites Across Cultures: A Cross-Regional Study. Information And Management, 50(8), 609–620. https://doi.org/10.1016/J.IM.2013.08.002

Jubelio.(2021).Tiktok Shop, Aplikasi Media Sosial Yang Bikin Bisnis Makin Cuan.https://jubelio.com/2021/tiktokshop.

Aida, R.N. (202). Cara Daftar Tiktok Shop Untuk Julan Online Di Tiktok.https://www.kompas.com/tren/read/2022/04/13/100000565/cara-daftartiktok-shop-untuk-jualan-online-di-tiktok?page=all.

T.Sammut-Bonni,D.Galea,”Swot Analysis”, Wiley Encycl. Manag, Vol(12), 1-8,2015. Doi.10.1002/9781118785317.WEOM120103.

D. Sulitiani. (2016) “Analisis Swot Sebagai Strategi Perusahaan Dalam Memenangkan Persaingan Bisnis”, Uin Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Published

2023-06-30

How to Cite

Simanjuntak, K., & Sari, R. P. (2023). Analisis Sistem S-Commerce pada Tiktok Shop untuk Meningkatkan Daya Saing Menggunakan Metode SWOT. JURNAL UNITEK, 16(1), 1 - 6. https://doi.org/10.52072/unitek.v16i1.476