Penerapan Media Pembelajaran Game Berbasis Android Untuk Pengenalan Abjad (Studi Kasus: Tk Aisyiyah 2 Kec. Pinggir)

Authors

  • Irman Efendi AMIK Mitra Gama
  • Syerlie Annisa AMIK Mitra Gama

DOI:

https://doi.org/10.52072/unitek.v11i2.34

Keywords:

Smartphone, Android, Game, Adobe flash CS6, Media pembelajaran

Abstract

Penggunaan smartphone, ipad, playbook, tablet pc dan sejenisnya lebih diminati saat ini daripada PC (Personal Computer). Penggunaan ponsel pintar tidak hanya bagi kalangan menengah atas, namun banyak anak usia dini yang telah difasilitasi perangkat tersebut oleh orang tua. Ponsel pintar bagi anak usia dini dimanfaatkan sebagai alat permainan untuk menghabiskan waktu luang mereka. Oleh karena itu game edukasi berbasis android dapat menjadi alternatif pengembangan aplikasi sebagai media belajar membaca, karena game edukasi dibuat tidak hanya untuk media pembelajaran tetapi juga untuk hiburan. Pembelajaran menggunakan game mampu memberikan kondisi lebih rileks yang dirasakan siswa ketika belajar, dengan kondisi ini siswa tidak akan mengalami kelelahan belajar karena materi yang disajikan dalam model game ini adalah betul-betul bentuk permainan. Pembuatan game edukasi berbasis android ini dirancang dengan bantuan aplikasi Adobe Flash CS6, Corel Draw, Adobe Photoshop dan Android Studio untuk menghasilkan permainan yang unik, menarik, dan edukatif yang dapat membantu meningkatkan minat anak dalam belajar abjad. Dengan dibuatnya game ini, diharapkan dapat membantu proses pembelajaran di TK Aisyiyah 2, Kec. Pinggir.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-12

How to Cite

Efendi, I. ., & Annisa, S. . (2020). Penerapan Media Pembelajaran Game Berbasis Android Untuk Pengenalan Abjad (Studi Kasus: Tk Aisyiyah 2 Kec. Pinggir). JURNAL UNITEK, 11(2), 109–119. https://doi.org/10.52072/unitek.v11i2.34