Penerapan Metode Profil Matching Pada Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemberian Beasiswa Kurang Mampu Dan Beasiswa Berprestasi Di SMA Muhammadiyah Dumai

Authors

  • Siti Aminah
  • Febrina Sari
  • Merina Pratiwi

DOI:

https://doi.org/10.52072/unitek.v13i1.154

Keywords:

Beasiswa, Profile Matching, Sistem Pendukung Keputusan

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan pada dasarnya adalah sistem komputer yang bertujuan untuk membantu para pengambil keputusan untuk mengambil keputusan yang sesuai, yang dapat memperhitungkan segala kriteria yang mendukung pengambilan keputusan guna membantu, mempercepat, dan mempermudah proses pengambilan keputusan. Salah satu metode yang digunakan untuk menentukan calon penerima beasiswa adalah profile matching karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, Penelitian dilakukan dengan menentukan aspek dan sub aspek berserta mencari nilai bobot untuk setiap sub aspek, mencari GAP antara profil dengan keadaan data dari para siswa. Dengan menggunakan metode ini ditentukan presentasi kedua unsur aspek dan dijumlahkan kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu siswa dengan nilai tertinggi. Ada dua bentuk penerima beasiswa yang digunakan pada penelitian ini, yaitu berdasarkan ekonomi keluarga dan berdasarkan prestasi siswa. Hasil akhir dari penelitian ini berupa sebuah sistem pendukung keputusan menentukan calon penerima beasiswa yang mampu memberikan solusi berupa hasil rangking dari seleksi Metode Profile Matching berdasarkan kriteria yang telah di tentukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, Nur , 2014, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Untuk Siswa Man Gresik Dengan Metode Profile Matching : Universitas Trunojoyo, Madura.

Anhar, 2010, Mastering Programming with PHP & MySQL :Andi ,Semarang

Darmawan, Soma, Arif, 2012 , Pemilihan Beasiswa Bagi Mahasiswa Stmik Widya Pratama Dengan Metode Profile Matching, Pekalongan, Jurnal Ilmiah ICTech Vol.x No.1 Januari 2012.

Faizal, Edi, 2014, Implementasi Metode Profile Matching Untuk Penentuan Penerimaan Usulan Penelitian Internal Dosen Stmik El Rahma , Bandung. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 6 No 1 - 2014 - speed.web.id.

Kartika wahyu dwi atmawati .2016, Sistem Rekomendasi Penerimaan Beasiswa Prestasi Dan Miskin Menggunakan Profile Matching : Stmik Budi Darma , Medan, simki.unpkediri.ac.id

Ripto Mukti Wibowo , 2015, Penerapan Metode Profile Matching Untuk Aplikasi Multi Criteria Decision Making (Studi Kasus : Pemilihan Guru Berprestasi : STMIK AMIKOM, Yogyakarta.

Sari, Febrina, 2015, Implementasi Metode Promethee pada Sistem Pendukung Keputusan Penerima Kartu Perlindungan Sosial (KPS), Jurnal Teknologi Komputer dan Informasi, Vol. 3 No.1. hal 12-21. ISSN : 2355-1887.

Sari, Febrina, 2018, Metode Dalam Pengambilan Keputusan, Deepublish, Yogyakarta.

Safrian, Aswati, 2015, sistem pendukung keputusan penerima beasiswa pendidikan yayasan (studi kasus stmik royal) Dengan metode simple additive weight : Sumatera Utara.

Published

2020-06-29

How to Cite

Aminah, S., Sari, F., & Pratiwi, M. (2020). Penerapan Metode Profil Matching Pada Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemberian Beasiswa Kurang Mampu Dan Beasiswa Berprestasi Di SMA Muhammadiyah Dumai. JURNAL UNITEK, 13(1), 49-59. https://doi.org/10.52072/unitek.v13i1.154