Optimalisasi Pelaksanaan Pekerjaan Dengan Menggunakan Metode Crashing pada Proyek Peningkatan Struktur Jalan Laha-Negeri Lima.

Penulis

  • Ilham Tuhuteru Universitas Pattimura Ambon
  • Fauzan A. Sangadji Universitas Pattimura Ambon
  • Imran Oppier Universitas Pattimura Ambon
  • Syafruddin Ishak Latuconsina Universitas Pattimura Ambon

DOI:

https://doi.org/10.52072/slumptes.v3i1.839

Kata Kunci:

crashing, project acceleration, project delays, critical path, optimal time and cost.

Abstrak

The problem that often occurs in construction projects is delay. The Laha Negri Lima Road Structural Improvement Development Project was chosen for the case study because it experienced a progress delay in its implementation of 12.16% at 17.31% progress. which causes the total project completion time to be longer, with a planned project completion time of 210 days. The aim of this research is to determine the minimum cost and optimum duration of acceleration using the crashing method. Also assisted by using Microsoft Project 2010 software to determine the project's critical path and create a simulation model in the form of a new schedule after acceleration analysis. The alternative project acceleration used is an additional 2 hours (overtime). The results of the analysis for the alternative of adding 2 working hours (overtime) obtained a time of 129 days with a cost efficiency of Rp. 214,719,386.87 The results of the analysis show that accelerating the project with the alternative of adding 2 hours of overtime work results in less total time and costs compared to the normal duration.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Apriyanto, D. (2016). Penerapan Program Primavera 6.0 Untuk Menganalisis Konsep Nilai Hasil (Studi Kasus Proyek Pembangunan Kantor Polres Kabupaten Purworejo (Doctoral dissertation, Teknik Sipil-Fakultas Teknik).

Asri Nurdiana, (2015). Analisis Biaya Tidak Langsung Pada Proyek Pembangunan Best Western Star Hotel & Star Apartement Semarang. Teknik, 36 (2), 2015, 105-109

Crashing Pada Pembangunan Rumah Susun Pemerintah Kota Tual

Ervianto, Wulfram I. 2002. Manajemen Proyek Konstruksi.Yogyakarta : Andi.

Ervianto, Wulfram I. 2004. Teori Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: Andi.

Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. KEP-102/MEN/VI/2004 Tentang Waktu Kerja Lembur Dan Upah Kerja Lembur (online). (Tidak diterbitkan), https://www.scribd.com/doc/131149015/KEPMEN-102-MEN-VI-2004 diakses pada 15 januari 2021.

Kareth, M., Tarore, H., Tjakra, J., & Walangitan, D. R. O. (2012). Analisis Optimalisasi Waktu Dan Biaya Dengan Program Primavera 6.0 (Studi Kasus: Proyek Perumahan Puri Kelapa Gading). Jurnal Sipil Statik, (1).

Laksana, A. W., Prasetyo, H. S., Wibowo, M. A., & Hidayat, A. (2014). Optimalisasi waktu dan biaya proyek dengan analisa crash program. Jurnal Karya Teknik Sipil, 3(3), 747-759.

Putra, Y., & Hartati, S. (2017). Optimalisasi Waktu Dan Biaya Menggunakan Metode Least Cost Analysis Pada Proyek Peningkatan Jalan Lingkar Kota Dumai. Jurnal Saintis, 17(1), 100-113.

Priyo, M., & Paridi, M. R. A. (2018). Studi Optimasi Waktu dan Biaya dengan Metode Time Cost Trade Off pada Proyek Konstruksi Pembangunan Gedung Olah Raga (Gor). Semesta Teknika, 21(1), 72-84.

Soeharto, Iman. 1999. Manajemen Proyek: Dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta: Erlangga.

Samosir, P. (2017). Analisis Optimalisasi Waktu dan Biaya Dengan Aplikasi Microsoft Project pada Proyek Konstruksi Gedung dengan Penambahan Jam Kerja (Studi kasus: Pembangunan Gedung SATPAS Type 455 M2 Polres Lang

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-15