Analisis Pengaruh Penambahan Aspal Emulsi Terhadap Nilai Kuat Geser Dan CBR Tanah Lempung

Authors

  • Purwoko Wijaksono Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Nuryasin Abdillah Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Halimatusadiyah Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/slumptes.v1i2.383

Keywords:

Lempung, CBR, Kuat Geser, Aspal Emulsi, Kohesi

Abstract

Tanah sebagai dasar perletakan suatu struktur harus mempunyai sifat dan daya dukung yang baik. Perilaku tanah sangat di pengaruhi oleh kadar air, salah satu jenis tanah yang banyak permasalahan dalam kontruksi yakni jenis tanah lempung. Berdasarkan hal tersebut perlu diadakan perkuatan stabilitas pada tanah lempung, perbaikan pada kondisi tanah lempung dengan meningkatkan kualitas tanah baik secara fisik, kimiawi maupun mekanis diharapkan dapat mengatasi daya dukung yang rendah. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian menggunakan tanah lempung dari Kecamatan Sri Pulau, untuk di uji dilaboratorium Sekolah Tinggi Teknologi Dumai dengan melakukan pengujian CBR dan Uji geser langsung yang dicampuri dengan beberapa varian persentase aspal emulsi yaitu 0%, 3% , 6% dan 10% . Penambahan aspal emulsi terhadap tanah lempung dapat menyebabkan kenaikan pada nilai CBR tanah, disebabkan aspal emulsi dapat meningkatkan nilai berat volume dan kepadatan tanah serta mengurangi kadar air tanah. Sedangkan pada pengujian kuat geser langsung, dapat disimpulkan bahwa semakin besar  persentase penambahan aspal emulsi, semakin besar pula nilai kohesi dan sudut geser langsung pada masing-masing sampel. Lekatan yang terjadi antara permukaan butiran agregat dengan aspal yang berlangsung setelah proses setting inilah yang menyebabkan nilai kohesi semakin meningkat sebanding penambahan kadar aspal emulsi kedalam sampel tanah lempung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aribudiman, I. N., & Widyatmika, I. N. H. (2017). ANALISIS PENGARUH PEMERAMAN TANAH LEMPUNG YANG DICAMPUR DENGAN ASPAL EMULSI I. 21 no. 2(issn 1411-1292), 10.

Aulia, K. (2016). STABILITAS TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN LIMBAH PADAT PABRIK KERTAS TERHADAP KUAT GESER TANAH [Universitas Negeri Semarang]. https://docplayer.info/41486593-2-tinjauan-pustaka-2-1-sistem-kelistrikan-kapal.html

Aulia, K. (n.d.). STABILITAS TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN LIMBAH PADAT PABRIK KERTAS TERHADAP KUAT GESER TANAH.

Bowles, J. E. (1993). Sifat – Sifat Fisis dan Geoteknik Tanah (Edisi Kedu). Erlangga.

Dass, B. M. (1995). Mekanika Tanah (Jilid II). Erlangga.

Dass, B. M. (1995). Mekanika Tanah (Jilid I). Erlangga.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2013). Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2013. Bina Marga.

Fahmi Eti, H. H. (2003). STABILISASI TANAH LEMPUNG DENGAN MENGGUNAKAN ASPAL CAIR (SC70) SEBAGAI SUBGRADE UNTUK PERENCANAAN JALAN KELASI. UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA JOGJAKARTA.

Kurnia Yudanto, M., & Marzuko, A. (n.d.). STABILISASI TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN BAHAN TAMBAH ASBUTON TERHADAP DAYA DUKUNG TANAH DASAR UNTUK PERKERASAN LENTUR.

Nur Muthi’ah. (2021). PEMANFAATAN LIMBAH ASPAL BUTON SEBAGAI BAHAN STABILISASI TANAH DASAR. Universitas Hasanuddin.

Ramadhan, M. E., Utomo, S. H. T., & Suparma, L. B. (2020). STABILISASI TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN SEMEN DAN ASPAL EMULSI TERHADAP SUBGRADE PERKERASAN JALAN Muhammad. P-ISSN 0853-8557, E-ISSN 2746-0185, XXV, NO 1, 10.

Sainstek, J., & Pekanbaru, S. (2020). SAINSTEK (e-Journal) Analisis Karakteristik Tanah Dasar Lempung Menggunakan Metode Stabilisasi Aspal Emulsi.

Published

2023-01-07