Analisis Persepsi Nasabah Terhadap ATM (Studi Kasus ATM PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Dumai Sudirman)
Keywords:
Persepsi Nasabah terhadap ATMAbstract
ATM merupakan sarana penunjang dalam proses pelayanan perbankan terhadap
nasabahnya, dimana ATM dapat memberikan unsur benefit bagi pihak bank maupun
pihak nasabah. Kemudahan bertransaksi dengan berbagai fitur yang disediakan ATM
akan mengurami volume antrian di counter bank, sementara bagi pihak nasabah,
mempermudah melakukan transaksi perbankannya dalam waktu yang bebas atau
online 24 jam. Peranan bank selaku penyedia masa dituntut untuk melakukan
pemasaran yang baik agar ATM dapat digunakan secara optimal. Tanpa adanya
penerangan yang jelas tentang produk, konsumen tidak akan mengenal. Demikian
halnya dengan pengetahuan yang dimiliki nasabah tentang keberadaan, manfaat dan
kegunaan ATM sangat terbatas. Ketidaktahuan ini menimbulkan persepsi yang
berbeda-beda di kalangan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan
mengetahui hasil dari upaya yang dilakukan oleh PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk.
Cabang Dumai Sudirman dalam memberikan informasi dan pemahaman tentang
keberadaan, manfaat dan kegunaan ATM secara keseluruhan, sehingga diharapkan
hasil penelitian dapat memberikan masukan pada PT. Bank Mandiri khususnya
Cabang Dumai Sudirman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi nasabah
terhadap ATM PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Dumai Sudirman, masih
dalam kategori kurang baik, sehingga perlu adanya perubahan kualitas pelayanan
baik secara internal maupun eksternal.