Peranan Marketing Mix di Pabrik Kecap AAA Dumai

Authors

  • Wetri Febrina Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Dian Suci Lestari Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Fitra Fitra Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Keywords:

Product, Price, Place, Promotion, Kecap Asin Pekat AAA

Abstract

Pabrik Kecap AAA adalah produsen kecap dan tauco berskala industry rumah tangga
yang berlokasi di Kota Dumai. Banyaknya produk sejenis dari pabrik berskala besar
menyebabkan produk lokal ini sulit bersaing di pasaran. Peneliti menganalisis
permasalahan dengan menggunakan metode marketing mix yang terdiri dari 4P yaitu
product, price, place, promotion. Sampel pada penelitian ini adalah konsumen kecap
asin pekat AAA dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Pengambilan data
dilakukan dengan menyebar kuisioner kepada 100 orang konsumen kecap asin pekat
AAA. Dari keempat faktor tersebut, variabel place dan promotion yang mempengaruhi
rendahnya pemasaran kecap asin pekat AAA 600 ml yang dibuktikan dengan hasil uji
multikolinearitas -0.171 untuk variabel place dan 0.388 untuk variabel promotion.
Sedangkan pada variabel product dan price harus dipertahankan dan ditingkatkan,
hal ini dibuktikan dengan hasil uji multikolinearitas untuk variabel product yaitu
3.930 dan price 2.923. Perbaikan peningkatan kinerja pemasaran dapat dilakukan
dengan cara memperluas jaringan penjualan, memberikan pelayanan pada saat
transaksi penjualan. Sedangkan untuk faktor promotion bisa melakukan promosi di
swalayan ternama dengan cara menyebarkan brosur atau menempelkan pamphlet di
tempat makan kemudian berkerja sama dengan cafe yang menggunakan kecap asin.
Sedangkan faktor price dan product harus dipertahankan dan ditingkatkan agar
menjaga penjualan kecap asin AAA terus meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-11-21