Kinerja Pengelola Pasar Rakyat Desa Sintong Pusaka Kecamatan Tanah Putih Rokan Hilir

Authors

  • Fitra Fitra Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Keywords:

Kepuasan, Pasar Rakyat Desa Sintong Pusaka, Pedagang, Servqual

Abstract

Pengelola Pasar Rakyat Desa Sintong Pusaka harus memberikan jasa atau layanan
terbaik kepada pedagang demi terwujudnya kepuasan pedagang agar tidak beralih ke
tempat pesaing. Kepuasan pada tiap diri pedagang dapat dirasakan bila harapan dan
kebutuhan pedagang dapat terpenuhi, namun bila sebaliknya yang terjadi, maka
pedagang akan merasakan ketidakpuasan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah pedagang puas terhadap pelayanan pengelola Pasar Rakyat Desa
Sintong Pusaka Kecamatan Tanah Putih di Rokan Hilir. Metode servqual digunakan
untuk menganalisa hasil penyebaran 62 kuesioner yang diisi oleh pedagang dari 25
pertanyaan yang terkelompok dalam 5 dimensi yaitu: tangibles, reliability,
responsiveness, assurance dan emphaty baik untuk kategori harapan maupun
kenyataan pelayanan yang dirasakan oleh pedagang. Hasil uji validalitas dan
reliabilitas untuk 25 variabel kenyataan dan harapan kuesioner servqual dinyatakan
valid dan reliabel sedangkan dari hasil perhitungan nilai servqual untuk setiap
dimensi antara kenyataan dan harapan yang di peroleh pasien terhadap kinerja
pengelola pasar rakyat Desa Sintong Pusaka untuk dimensi tangibles adalah -1,45,
dimensi reliability adalah -1,18, dimensi responsiveness adalah -1,33, dimensi
assurance adalah -1.11 sedangkan dimensi emphaty adalah -1,20. Berdasarkan nilai
servqual disimpulkan bahwa kinerja pengelola Pasar Rakyat Desa Sintong Pusaka
kurang memuaskan karena nilai TSQ yang diperoleh < 0 untuk setiap dimensi
servqual dan harus diperbaiki.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-11-21