Pengelompokan Potensi Siswa Untuk Memilih Jurusan pada Perguruan Tinggi Menggunakan Metode K-Means

Authors

  • Karpen Karpen Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Wahyu Riski Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Keywords:

Pengelompokan, Siswa, K-Means, Perguruan Tinggi

Abstract

Suatu Perguruan Tinggi memiliki beragam Program Studi (Prodi) atau jurusan yang
dapat dipilih oleh setiap siswa yang sudah menamatkan pendidikannya, baik itu di
tingkat sekolah SMU/SMK. Jurusan yang dipilih seharusnya merupakan jurusan
yang sesuai dengan bakat, kemampuan dan potensi dari siswa tersebut. Adanya
pengelompokan potensi yang dimiliki oleh siswa atau calon mahasiswa dalam memilih
jurusan pada perguruan tinggi dilakukan supaya siswa tidak salah dalam memilih
jurusan yang ada. Solusinya adalah menggunakan metode K-means, yang merupakan
salah satu metode clustering yang dapat membagi data menjadi beberapa kelompok.
Data yang digunakan dalam sistem ini berupa data nilai siswa atau calon mahasiswa,
yang meliputi nilai Ujian Kompetensi Keahlian (UKK), nilai produktif dan nilai UN.
Diharapkan dengan adanya metode K-means untuk pengelompokan data, yang
berdasarkan potensi yang dimilki oleh setiap siswa, akan dapat membantu siswa
dalam memilih jurusan yang ada pada Perguruan Tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-11-21