MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN KEPOLISIAN RESOR(POLRES) DUMAI MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING

Penulis

  • Ulfhi Burelia Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Gellysa Urva Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Ari Sellyana Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/jutekinf.v10i1.354

Kata Kunci:

K-means Clustering, Kepuasan, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Abstrak

Kepolisian Resor (Polres) merupakan salah satu organisasi pemerintah yang fungsinya sebagai pelindung dan pengayom masyarakat yaitu di bidang pelayanan. Salah satu upaya meningkatkan kepuasan pelayanan di Polres Dumai, penulis mencoba mengukut tingkat kepuasan di Polres Dumai salah satunya pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)..Pada penelitian ini menggunakan metode K-means Clustering menghasilkan tingkat kepuasan pada pelayanan Polres Dumai menggunakan 79 data jawaban dari responden/ pemohon dari kuesioner yang sifatnya tertutup. Dari metode k-means clustering penelitian ini menghasilkan Grafik kepuasan yaitu yang didapatkan Step I (68 responden sangat puas dan 11 responden cukup puas) , Step II (66 responden sangat puas dan 13 responden puas), Step III (79 responden sangat puas) , Step IV (66 responden sangat puas dan 13 responden puas) , Step V (67 responden sangat puas dan 12 responden cukup puas). Jadi dari step I-V dapat disimpulkan tingkat kepuasan pada  pelayanan Di Polres Dumai Sangat Puas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andriani, Lidya. 2009. Sistem Informasi pendaftaran pasien rawat jalan di Rumah sakit dengan menggunakan Program Komputer. Skripsi. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Aranda , Josi, dkk. 2016, penerapan metode K-means Cluster Analysis pada sistem pendukung keputusan pemilihan konsentrasi unutk mahasiswa international class Stmik Amikom Yogyakarta : Fakultas Teknik, Universitas Widyagama malang : Teknik Informatika, Stmik Amikom Yogyakarta.

A.S.Rosa. 2011. Rekayasa Perangkat Lunak. Modula, Bandung.

Febrian,Jack.2004. Pengetahuan Komputer dan Teknologi Informasi. Bandung:Informatika Bandung.

Haughee,Eric. 2013. Sublime Text Starter. Mumbai

Ignas, dkk .2014. Sistem Informasi Penjualan Online untuk tugas akhir PHP & MySQL. Yogyakarta: Andi.

Janner, Simarmata .2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi.

Kotler,P, keller. 2009, Manjemen Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid I dan II, Indeks, Jakarta.

Metisen, Benri Melpa, dkk.2015, Analisis clustering menggunakan metode k-means dalam pengelompokkan penjualan produk pada walayan fadhila : Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dehasen Bengkulu.

Mouw, E. 2013. Kualitas Pelayanan Publik di daerah. Jurnal Uniera.

Prasetyo ,Eko. 2013. Data mining konsep dan aplikasi menggunakan matlab. Yogyakarta: Andi.

Ridho, Muhammad, dkk. 2016, Implementasi Algoritma K-means untuk mengukur tingkat kepuasan siswa terhadap proses pembelajaran : Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro : Teknik Informatika, Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Solichin, Achmad. 2009. Pemograman Web dengan PHP dan MySQL. Universitas Budi Luhur Jakarta.

Sukrianto, Darmanto. 2016, Penerapan data mining untuk kinerja dosen menggunakan metode k-means clustering :Manajemen Informatika, Amik Mahaputra Riau.

Tjiptono, F., Chandra, G. 2011, Service,Quality & Satisfacion, Andi Publisher, Yogyakarta

Widoyoko, Eko Putro. 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Andi

Downloads

Diterbitkan

2022-06-20

Cara Mengutip

Burelia, U. ., Urva, G. ., & Sellyana, A. . (2022). MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN KEPOLISIAN RESOR(POLRES) DUMAI MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING. Jurnal Teknologi Komputer Dan Informasi, 10(1), 12–18. https://doi.org/10.52072/jutekinf.v10i1.354

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>