Pengukuran Kinerja Mesin Rice Milling Unit Dengan Metode OEE, FMEA, LTA Dan Task Selection Di UD Polos Jaya

Authors

  • Rudi Setiadi Rudi Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Ari Zaqi Al Faritsy Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52072/arti.v18i2.591

Keywords:

Rice Milling Unit, OEE, FMEA, LTA, Task Selection

Abstract

UD Polos Jaya merupakan perusahaan Industri yang bergerak dalam bidang penggilingan padi. Mesin rice milling merupakan salah satu faktor produksi yang berperan penting agar produk yang diproduksi memenuhi spesifikasi yang telah ditetapkan. Permasalahan yang ada di UD Polos Jaya adalah mesin rice milling yang digunakan sering terjadi gangguan seperti rasio pengupasan rendah, hasil kupas rendah karena pemisah yang tidak baik, dan sering terjadi beras patah. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas mesin rice milling dan mengetahui jenis kegagalan siginifikan yang mempengaruhi mesin serta memberikan rekomendasi perawatan pada mesin. Penelitian menggunakan metode OEE digunakan untuk mencari nilai efektivitas mesin, FMEA digunakan untuk mencari jenis kegagalan yang paling signifikan, LTA dan Task Selection digunakan untuk mengkategorikan jenis kegagalan serta mencari rekomendasi perawatan untuk mesin. Berdasarkan hasil analisis OEE pada bulan Januari sampai Desember 2022 total waktu kerja mesin 2082 jam total downtime 228 jam diperoleh nilai rata – rata OEE yaitu sebesar 56,30 % yang artinya mesin berada dibawah standar JIPM yang idealnya bernilai 85%. Jenis kegagalan yang paling signifikan yaitu pada kipas atau tangkai kipas yang patah dengan memperoleh nilai RPN tertinggi yaitu 140, usulan perawatan untuk jenis kegagalan tersebut yaitu melakukan pergantian baut – baut kipas apabila telah terkikis sampai 50% dan melakukan pengecekan secara rutin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurjanah, S. (2020). Analisis Perawatan Mesin Casting Zinc Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) Melalui Pendekatan DMAIC. JENIUS: Jurnal Terapan Teknik Industri, 1(1), 30-37.

Gaspersz, Vincent. 2002. Total Quality Management. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Hartini, Sri & Sriyanto. (2006). Pemetaan Perawatan Untuk Meminimasi Breakdown dengan Pendekatan Reliability Centered Maintenance. Jurnal J@TI Universitas Diponegoro, Vol 8 No 2, hlm:11-19.

Hasrul, H., Shofa, M. J., & Winarno, H. (2017). Analisa kinerja mesin roughing stand dengan menggunakan metode overall equipment effectiveness (OEE) dan failure mode effect analysis (FMEA). Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 3(2), 55-60.

Prabowo, R. F., Hariyono, H., & Rimawan, E. (2020). Total Productive Maintenance (TPM) pada perawatan mesin grinding menggunakan metode overall equipment effectiveness (OEE). Journal Industrial Services, 5(2), 207-212.

Purnomo, M. R. A. (2020). Maintenance Task Determination of Engine Dump Truck Component Using Reliability Centered Maintenance (RCM) and Fuzzy-FMEA Method (AT PA. DARMA TITIPAN). Thesis. International Program Department Of Industrial Engineering Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Rahman, A., & Perdana, S. (2019). Analisis produktivitas mesin percetakan perfect binding dengan metode OEE dan FMEA. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 7(1).

Rizkia, I., Adianto, H., & Yuniati, Y. (2015). Penerapan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dalam Mengukur Kinerja Mesin Produksi Winding Nt-880N untuk Meminimasi Six Big Losses. Reka Integra, 3(4).

Siahaan, F.M. & Ginting, A. 2013. Evaluasi Jadwal Perawatan Mesin Dengan Pendekatan Overall Equipment Effectiveness (OEE) Untuk melakukan perbaikan perawatan dengan Metode Risk Based Maintenance. Jurnal Teknik Industri FT USU Vol 3 No 1, hlm: 30-35.

Triwardani, D.H., Rahman, A. & Tantrika, C.F.M. 2013. Analisis Overall Equipment Effectiveness (OEE) Dalam Meminimasi Six Big Losses Pada Mesin Produksi Dual Filters DD07. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, Vol 1 No 2, hlm:379-391.

Mesra, T., Fitra, Hafrida, E., & Ferdiansyah, F., 2023, Overall Equipment Effectiveness Di Desalination Plant 2 Pada PT Sari Dumai, Journal Of Industrial And Manufacture Engineering, Vol. 7 No. 1: Edisi Mei, DOI: 10.31289/jime.v7i1.9405, hlm: 69-83.

Published

2023-11-29

How to Cite

Rudi, R. S., & Zaqi Al Faritsy, A. . (2023). Pengukuran Kinerja Mesin Rice Milling Unit Dengan Metode OEE, FMEA, LTA Dan Task Selection Di UD Polos Jaya. Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 18(2), 107-116. https://doi.org/10.52072/arti.v18i2.591