Penerapan JSA Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Dan Perbaikan Keselamatan Kerja Pada Pelaksanaan Pratikum Di Laboratorium SMK SMAK PADANG

Authors

  • Yeni Darmayanti Sekolah Tingggi Teknologi Industri Padang
  • Tri Tri Ernita Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang
  • Henny Yulius Sekolah Tingggi Teknologi Industri Padang

DOI:

https://doi.org/10.52072/arti.v17i2.463

Keywords:

Keselamatan Kerja, Kecelakaan Kerja, Pendekatan Job Safety Analysis

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja sangat penting sekali dalam pekerjaan,  terutama didalam laboratorium khususnya laboratorium kimia.  Laboratorium merupakan satu kesatuan ruangan yang tidak bisa dipisahkan dari SMK SMAK Padang. Permasalahan yang teridentifikasi yaitu tingginya potensi bahaya dan kecelakaan kerja pada aktifitas penentuan kadar protein, penetuan kadar lemak dan penetuan trayek pH, aktivitas tersebut memiliki potensi membahayakan siswa. Pemahaman akan pentingnya penggunaan alat pelindung diri belum maksimal untuk dilaksanakan pada saat praktikum berlangsung dan masih minimnya slogan-slogan serta himbauan tentang K3 di laboratorium kimia. Penelitian ini menggunakan pendekatan JSA untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi potensi bahaya selama menjalankan pratikum di laboratorium. Potensi bahaya yang terjadi saat pratikum kimia adalah pada tahap persiapan yang diidentifikasi seperti terkena zat sisa, alat pecah & rusak, bahan tumpah, iritasi dan terpeleset serta sikap siswa selama memulai tahap persiapan praktikum. Analisis potensi bahaya yang paling dominan di setiap langkah kerja adalah pada tahap persiapan.  Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah potensi bahaya pada saat mempersiapkan alat-alat yaitu dengan membawa alat-alat tersebut dengan baik dan benar serta menggunakan wadah agar mengurangi risiko alat jatuh dan pecah. Setiap bahan kimia harus diletakkan sesuai dengan jenis dan karakteristiknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfarisi Farist, James (2013). “Penilaian Resiko Pada Poses Pengelasan dengan Metode Job Safety Analysis (Studi kasus : Di PT Meindo Elang Indah)”.Jurnal Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Diniaty Dewi , Zulfan Afendi (2015).“ Usulan Perbaikan Keselamatan Kerja untuk Meminimumkan Kecelakaan Kerja dengan Pendekatan Job Safety Analysis (JSA) pada Area Lantai Produksi di Pt. Alam Permata Riau”. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri Vol 13. No 1. Hal 91-98.

Ilmansyah Yahdi, Nina Aini Mahbubah, Dzakiyah Widyaningrum (2020). “Penerapan Job Safety Analysis Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja Dan Perbaikan Keselamatan Kerja Di Pt Shell Indonesia”. Vol 8. No 1.Hal 15-22

Jannah Mega Randhatin, (2014). “Analisis Resiko Keselamtan dan Kesehatan Kerja (K3) Melalui Pendekatan HIRADC dan Metode Job Safety Analysis Pada Studi Kasus Proyek Pembangunan Menara X Di Jakarta”.Jurnal Teknik Sipil

Menteri Perindustrian Indonesia. (2013). “Peraturan Menteri Perindustrian Indonesia Nomor 23/MIND/PER/4/2013 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 87/MIND/Per/9/2009 tentang Sistem Harmonisasi Global Klasifikasi dan Label Bahan Kimia”. Jakarta: Kementerian perindustrian. Hal: 4.

Sukapto Paulus, (2018). “Penerapan Metode Job Safety Analysis dan Risk Score Untuk Meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Departemen Printing, Sewing dan Assembly PT PAI Bandung ”. Jurnal Kesehatan. Vol 9. No 3. Hal 403-411.

Supriyadi Agung (2014). “10 Tahap Dalam Cara Membuat JSA”. https://katigaku.top/2014/11/29/cara-membuat-jsa/. (April 2021)

Umaindra Maulana Arif, Singgih Saptadi, (2018). “Dentifikasi Dan Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Dengan Metode Jsa (Job Safety Analysis) Di Departemen Smoothmill Pt Ebako Nusantara”. Jurnal Teknik Industri.

Wahyu S, (2014). “Analisis Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Pembelajaran Di Laboratorium Program Studi Teknik Mesin Politeknik Negeri Batam disampaikan sebagai Prosiding SNE” Pembangunan Manusia Melalui Pendidikan Dalam Menghadapi ASEAN Economic Community 2015, Bata”

Downloads

Published

2022-11-29

How to Cite

Darmayanti, Y. ., Tri Ernita, T., & Yulius, H. . (2022). Penerapan JSA Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Dan Perbaikan Keselamatan Kerja Pada Pelaksanaan Pratikum Di Laboratorium SMK SMAK PADANG. Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 17(2), 175–184. https://doi.org/10.52072/arti.v17i2.463