Evaluasi Proses Mental Mahasiswa Teknik Industri Menggunakan Pendekatan Uji Statistik Dengan Metodologi RSME

Authors

  • Andhini Kumala Universitas Andalas
  • Aprilita Sari Universitas Putra Indonesia YPTK
  • Viola Atryes Universitas Putra Indonesia YPTK
  • Muhammad Ilham Adelino Universitas Putra Indonesia YPTK

DOI:

https://doi.org/10.52072/arti.v19i2.1069

Keywords:

mata kuliah, industri 4.0, uji t-sample independen, uji mann-whitney U, RSME

Abstract

Perubahan pada era industri 4.0 yang masif menuntut kemampuan adaptasi dan pengembangan diri yang cepat, termasuk pada kurikulum Teknik Industri. Ketidakmampuan untuk beradaptasi dapat meningkatkan tingkat stres yang mempengaruhi proses mental mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi dan membandingkan perbedaan proses mental yang dialami oleh mahasiswa Teknik Industri secara statistik. Metode yang digunakan adalah uji t-sampel independen dan uji Mann-whitney U. Pengambilan data menggunakan metodologi Rating Scale Mental Scale (RSME). Hasil yang didapatkan adalah empat dari enam indikator memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi pada mata kuliah Teori Probabilitas. Meskipun demikian, nilai p-value pada seluruh indikator melebihi dari tingkat signifikansi. Nilai tersebut menyatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan secara statistik antara skor rata-rata kelompok Statistika Industri dan kelompok Teori Probabilitas. Proses mental yang dialami oleh mahasiswa tidak ada hubungannya pemrosesan pengolahan data antara menggunakan perangkat lunak dan tanpa perangkat lunak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A., H. and Bau, R.T.R.L. (2023) ‘E-Learning Sebagai Komplemen dalam Pembelajaran: Perwujudan Akselerasi Transformasi Digital dalam Pendidikan’, Jurnal Studi Kebijakan Publik, 2(1), pp. 69–79. Available at: https://doi.org/10.21787/jskp.2.2023.69-79.

Aini, A. et al. (2021) ‘Hubungan Kebisingan Dan Beban Kerja Mental Dengan Stres Kerja di PT. Duraquipt Cemerlang’, Jurnal CMHP, 4(1), pp. 37–48. Available at: http://cmhp.lenterakaji.org/index.php/cmhp.

Amrozi, Y., Ahdi, M.W. and Aziz, K.A. (2021) ‘Sumbangsih Perangkat Lunak Dalam Pengendalian Manajemen Proyek Perangkat Lunak’, Jurnal Aplikasi Teknologi Informasi dan Manajemen (JATIM), 2(2), pp. 107–113.

Azmi, A., Fitra, F. and Suroso, M. (2021) ‘Penerapan Data Antropometri Dalam Perancangan Alat Pengupas Sabut Kelapa Ekonomis’, Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 16(1), pp. 94–99.

Fatimatuzzuhra (2023) ‘Peran Big Data dalam Literasi Digital Pada Mahasiswa Politeknik Statistika STIS’, Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(11), pp. 576–580. Available at: https://doi.org/10.5281/zenodo.10354981.

Moustafa, K. and Longo, L. (2019) ‘Analysing the impact of Machine Learning to model subjective Mental Workload: a case study in third-level education’, in Conference: International Symposium on Human Mental Workload: Models and Applications, pp. 1–17.

Prasetyo, H. and Sutopo, W. (2017) Perkembangan Keilmuan Teknik Industri Menuju Era Industri 4.0, Seminar dan Konferensi Nasional IDEC.

Rahayu, A.T. et al. (2021) ‘Analisis Beban Kerja Mental Menggunakan Metode National Aeronautics And Space Administration Task Load Index (NASA-TLX) Dan Rating Scale Mental Effort (RSME) (Studi Kasus: Balai Pialam Yogyakarta DPU-P ESDM DIY)’, in Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), pp. 182–188.

Sari, S. et al. (2022) ‘Pengukuran Beban Kerja Dengan Menggunakan Metode Rating Scale Mental Effort (RSME) (Studi Kasus: Guru SMP XYZ)’, Jurnal Kesehatan Masyarakat Dan Lingkungan Hidup, 7(1), pp. 9–20.

Septiani, A., Hidajat, N.P. and Septiawati, V. (2023) ‘Analisis Beban Kerja Mental dan Kegagalan Kognitif pada Tenaga Kependidikan (Studi kasus: Tenaga Laboran Fakultas Teknik UNISBA)’, Jurnal Media Teknik & Sistem Industri, 7(1), pp. 1–9.

Shepherd, M.A. and Richardson, E.J. (2024) ‘Opting for open-source? A review of free statistical software programs’, Teaching Statistics, 46(1), pp. 53–63. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.1111/test.12360.

Sumarno, S. and Gimin, G. (2019) ‘Analisis Konseptual Teoretik Pendidikan Kewirausahaan Sebagai Solusi Dampak Era Industri 4.0 di Indonesia’, Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 13(2), p. 1. Available at: https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.12557.

Syahdhana, A. and Sufa, M.F. (2023) ‘Analisis Beban Kerja Mental dan Kelelahan Pekerja UMKM Abia-Art Menggunakan Metode NASA-TLX dan SOFI’, in Seminar dan Konferensi Nasional IDEC, p. A15.113-A15.122.

Widyanti, A., Johnson, A. and de Waard, D. (2013) ‘Adaptation of the Rating Scale Mental Effort (RSME) for use in Indonesia’, International Journal of Industrial Ergonomics, 43(1), pp. 70–76. Available at: https://doi.org/10.1016/j.ergon.2012.11.003.

Yanuar, F.T. and Putri, A.S. (2023) ‘Analisis Beban Kerja Fisik dan Mental di Pengolahan Furniture Menggunakan Metode CVL dan NASA-TLX’, in Seminar dan Konferensi Nasional IDEC, pp. 77–86

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Kumala, A., Sari, A., Atryes, V., & Adelino, M. I. (2024). Evaluasi Proses Mental Mahasiswa Teknik Industri Menggunakan Pendekatan Uji Statistik Dengan Metodologi RSME . Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 19(2), 137–145. https://doi.org/10.52072/arti.v19i2.1069