Sosialisasi Penguatan Rasa Nasionalisme melalui Pendekatan Eksplorasi pada Peserta Didik di SMAN 1 Sajingan Perbatasan Indonesia Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.52072/abdine.v4i2.952Keywords:
Nasionalisme, Peserta Didik, Daerah PerbatasanAbstract
Pengaruh budaya dan sosial dari negara tetangga melemahkan rasa nasionalisme kalangan peserta didik. Tanpa adanya upaya efektif dalam penguatan rasa nasionalisme, ada risiko generasi muda ini akan kehilangan identitas nasionalnya dan kurang memahami pentingnya menjaga keutuhan dan kedaulatan negara. Pentingnya sosialisasi penguatan rasa nasionalisme di daerah perbatasan. Tujuan utama sosialisasi ini untuk meningkatkan kesadaran nasional, menanamkan kebanggaan terhadap identitas nasional serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kedaulatan negara di kalangan peserta didik SMAN 1 Sajingan. Sosialisasi dilakukan dengan memberikan materi melalui ceramah, diskusi dan tanya jawab. Melalui diskusi peserta didik dapat menggali lebih dalam mengenai tantangan dan peluang dalam menjaga identitas nasional serta memperkuat rasa nasionalisme. Pelaksanaan sosialisasi ini dirancang untuk memastikan bahwa peserta didik di SMAN 1 Sajingan memiliki kesadaran yang kuat tentang pentingnya nasionalisme. Capaian hasil pengabdian dari survei menunjukkan 66,7% peserta didik kategori sangat setuju dan 26,7% kategori setuju jika penguatan rasa nasionalisme penting dan sekolah memiliki program mendukung peningkatan nasionalisme. Hal tersebut menunjukkan keberhasilan pengabdian ini meningkatkan pemahaman nasionalisme peserta didik di kawasan perbatasan. Selain itu terdapat kesadaran dampak negatif pengaruh budaya asing. Melalui sosialisasi ini diharapkan peserta didik tumbuh menjadi generasi yang berkomitmen menjaga dan memperjuangkan kedaulatan bangsa di masa depan.
Downloads
References
Anandra, Sahid Fadhil, and Indra Kusumawardhana. 2023. “Tapal Batas Sang Garuda: Pendekatan Indonesia Dalam Diplomasi Dan Konflik Perbatasan Dengan Malaysia.” TheJournalish: Social and Government 4 (4): 413–32.
Cendika, Eki Aris, Suryanef Suryanef, Hasrul Hasrul, and Muhammad Prima Ersya. 2022. “Strategi Penguatan Karakter Nasionalisme Melalui Pembelajaran PPKn Siswa Kelas XI Di SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang.” Journal of Civic Education 5 (1): 101–8.
Darso, Darso, Muhammad Rifqi Permana, Akbar Ramadhan, Ikhsan Dwi Seto, Satyo Dwi Apitiadi, and Dwi Angga Ferdianto. 2024. “Pelatihan Mikrokontroler Arduino-R3 Bagi Siswa SMK N 1 Purwokerto.” ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 (1): 76–81.
Djuyandi, Yusa, Luthfi Hamzah Husin, Mustabsyirotul Ummah Mustofa, and Muhammad Nurdi Iriansyah. 2023. “Penguatan Masyarakat Di Wilayah Perbatasan Sebagai Bentuk Pertahahan Negara: Pengalaman Dari Kecamatan Entikong, Kalimantan Barat.” Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat 12 (1).
Fradiani, Virsa, Ilsa Hikmatul Anisa, Ruspaningtyas Diah Wulandari, Nathania Benedicta Christabel, Angelika Tasya Kori, and Nor Ahril Muhamad. 2024. “Nilai Moral Pancasila Dalam Membangun Karakter Nasionalisme Pada Mahasiswa PPKn Universitas Negeri Semarang Angkatan 2023.” Jurnal Mediasi 3 (2): 203–10.
Hakim, Arif Rohman, and Jajat Darojat. 2023. “Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Dan Identitas Nasional.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8 (3): 1337–46.
Hidayah, Khusnul, and Rina Ratih. 2024. “Penguatan Nasionalisme Melalui Kebhinekaan Global, Literasi Numerasi Dan Motivasi Berwirausaha Pada Anak-Anak Pekerja Migran Indonesia.” Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 4 (1): 56–67.
Imran, Imran, Iwan Ramadhan, Stella Prancisca, Okianna Okianna, Nining Ismiyani, Anindya Zalianty, and Feru Aryan. 2023. “Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 1 Jagoi Babang (Sekolah Perbatasan Indonesia-Malaysia).” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 (2): 4747–51.
Lasaiba, Mohammad Amin. 2023. “Geografi Manusia Dalam Konteks Perspektif Spasial.” GEOFORUM Jurnal Geografi Dan Pendidikan Geografi, 81–99.
Purnama, Shilmy, Sulistyarini Sulistyarini, Jagad Aditya Dewantara, Thomy Sastra Atmaja, and Sulanda Sulanda. 2024. “Penguatan Pemahaman Warga Negara Muda Terhadap Identitas Nasional Dalam Konteks Negara Di Wilayah Perbatasan.” JCES (Journal of Character Education Society) 7 (3): 224–35.
Ramadhan, Iwan, and Imran Imran. 2022. “Kontruksi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program ‘Aku Belajar’ Dalam Meningkatkan Literasi Anak Pemulung.” Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) 7 (1): 57–70. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v7i1.2389.
Ramadhan, Iwan, Imran Imran, Husni Syahrudin, Maria Ulfah, Nining Ismiyani, Thomy Sastra Atmaja, Jagad Aditya Dewantara, Vincent Obedly Wisely, Rokiaske Rokiaske, and Emita Emita. 2024. “Workshop Penyusunan Bahan Ajar Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Sekolah Perbatasan Indonesia-Malaysia.” Jurnal Pengabdian UNDIKMA 5 (2): 188–97.
Sukmawati, Henny. 2023. “Pelatihan Dan Pembinaan Karakter Bagi Pengurus OSIS Di Sekolah Binaan YPA-MDR.” ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (1): 15–24.
Yasintha, Pemba, Darmawang Darmawang, and Kusuma Nur Risnawati. 2022. “Peran Lingkungan Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik Di SMK Katolik Muktyaca.” Jurnal 2 (1): 12–20.