Pelatihan Pembuatan dan Media Pembelajaran Ular Tangga Matematika LOGIKA pada Komunitas GEMAPEDIA

Authors

  • Nadia Amalia Rizkyta Universitas Negeri Malang
  • Muhammad Zirhannudin Universitas Negeri Malang
  • Nila Tashfiatul Fuadah Universitas Negeri Malang
  • Mei Dwi Jayanti Universitas Negeri Malang
  • Julita Windayu Ustantik Universitas Negeri Malang
  • Vita Kusumasari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v4i2.950

Keywords:

Media Matematika, Ular Tangga Matematika, Workshop

Abstract

Minat belajar matematika merupakan hal yang penting, namun sebagian besar siswa memiliki minat belajar yang rendah. Media pembelajaran yang monoton dan tidak interaktif saat digunakan dikelas menyebabkan penurunan mutu penmbelajaran Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anggota komunitas GEMAPEDIA dalam membuat, mengembangkan, dan mengimplementasikan media pembelajaran inovatif berbasis permainan ular tangga yang disebut LOGIKA. LOGIKA merupakan akronim dari Latihan Otak dan Gerakan Aktif Ular Tangga yang termasuk dalam perkembangan inovasi dari permainan klasik ular tangga yang dapat dipergunakan dalam media pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Identifikasi kebutuhan mitra, Pelatihan pembuatan media ajar matematika LOGIKA berbasis games ular tangga,  Pendampingan pembuatan serta implementasi LOGIKA sebagai media ajar matematika,  Pelaporan kegiatan dan evaluasi pasca kegiatan. Pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2024 secara daring melalui platform zoom dengan melibatkan 83 peserta dari komunitas GEMAPEDIA. Hasil dari workshop ini adalah 15 desain media ular tangga terbaik yang siap dicetak dan digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan dari peserta workshop sendiri terlihat puas dan antusias terhadap materi dan fasilitas yang diberikan. Hasil pengimplementasian media di SMP Brawijaya Smart School Malang juga membuktikan bahwa media LOGIKA mampu meningkatkan minat belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Altsar, I.N., Irvi, A. and Husna, N. (2023) ‘Menerapkan Metode BCM (Bermain, Cerita Dan Menyanyi) Terhadap Keaktifan Santri Dalam Proses Belajar Mengajar Di TPQ Nurussa’diyah’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Anggraini, P.D. and Pramudita, D.A. (2021) ‘Peningkatan Kemampuan Belajar Matematika melalui Penerapan Pendekatan Problem Solving’, Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1).

Destiawati, F., Dhika, H. and Sari, S.F. (2024) ‘Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Bercerita Pada Anak Paud TK. ABC’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1).

Erichsen, K. et al. (2024) Legends of Learning: Math Basecamp Math Basecamp Use and Math Achievement in Rialto Unified School District. Available at: www.mcrel.org.

Hamka, A. and Mukminatien, N. (2024) Developing Speaking Board Game of Descriptive Text for Senior High School English Learners. Available at: www.istes.org.

Kristianta, W.A., Fitrotun, N.A. and Bariyah, I.Q. (2024) ‘Implementasi Media Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran IPA Di SD Pada Sistem Pernapasan Manusia’, Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), pp. 6287–6295.

Lodewyk, K.R. and Robertson, S. (2022) ‘Prospective Physical Educators’ Preferences for Using Sport Education, Teaching Games for Understanding, and Direct Teaching when Instructing Games’, JTRM in Kinesiology, 6, pp. 16–24

Muin, A.A. et al. (2023) ‘Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Di SDN Tabing Rimbah 2’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), pp. 193–198.

Nisa, A. and Vebrianto, R. (2021) ‘Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School’, El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 4(1), pp. 95-1–5.

Riley, M. (2024) Students’ Perceptions of Game-Based Learning: The Mitigation of Math Anxiety in Adult Learners in a STEM Math Course.

Sappaile, B.I. et al. (2024) ‘Dampak Penggunaan Pembelajaran Berbasis Game Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar’, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), pp. 714–727. Available at: http://journal.universitaspaahlawan.ac.id/index.php/jrpp (Accessed: 30 August 2024).

Sari, A.N., Wirawati, B. and Darsono (2024) ‘Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Pendidikan Pancasila Kelas IV SDN Dukuh Kupang II /489 Surabaya’, JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1 No: 4(September), pp. 6028–6035.

Urva, G. et al. (2024) ‘Pengenalan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), pp. 36–42.

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Rizkyta, N. A., Zirhannudin , M., Tashfiatul Fuadah, N., Dwi Jayanti, M., Windayu Ustantik, J., & Kusumasari, V. (2024). Pelatihan Pembuatan dan Media Pembelajaran Ular Tangga Matematika LOGIKA pada Komunitas GEMAPEDIA . ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 188–196. https://doi.org/10.52072/abdine.v4i2.950