Pemberdayaan Wanita Melalui Digital Marketing dan Akses Terhadap Modal Usaha, Desa Batu Kumbung, Kec. Lingsar

Authors

  • Juhartini Juhartini Universitas Teknologi Mataram
  • Eluiz Yansirus Saniyah Universitas Teknologi Mataram
  • Ahmad Yani Universitas Teknologi Mataram

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v4i2.905

Keywords:

Akses Modal Usaha, Digital Marketing, Permberdayaan Wanita

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi dunia digital dan internet tentu berimbas pada dunia pemasaran. Kelompok Ibu Rumah Tangga di Dusun Pondok Buak mengalami keterbatasan dalam pemasaran produk secara digital, yang menyebabkan rendahnya volume penjualan dan pengelolaan modal usaha yang tidak efektif. Solusi untuk mengatasi permasalahan mitra dalam hal ini pemecahan permasalahan pemasaran dan pengelolaan modal usaha dilakukan dengan beberapa pendekatan yang dilakukan secara bersama-sama yaitu pelatihan manajemen, yang mencakup manajemen sumberdaya manusia, dan manajemen keuangan dan pelatihan penerapan teknologi informasi, pelaksanaan pelatihan penerapan teknologi ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi informasi sebagai media pemasaran dan penjuala produk yang dihasilkan.  Untuk itu diadakannya program pelatihan digital marketing dan akses terhadap modal usaha ini sebagai wadah agar para kelompok Ibu Rumah Tangga dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat dan keluarga pada khususnya. Peran mitra pada kegiatan ini adalah sebagai peserta pelatihan pengelolaan modal usaha dan pelatihan pemanfaatan teknologi informasi khusus nya untuk pemasaran digital serta sebagai penyedia tempat pelatihan. Pelatihan ini menjadikan anggota kelompok Ibu Rumah Tangga memiliki keterampilan kelompok usaha di bidang teknologi sekitar 80%. Hasil dari Pelatihan manajemen pemasaran ini peserta kelompok usaha mengalami peningkatan pengetahuan dan kemampuan pemasaran dan memperluas area pasar yang akhirnya berdampak pada peningkatan pendapatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adina Dwijayanti, P.P. (2021) ‘Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19’, Ikra-Ith Abdimas, 4(2), pp. 68–73. Available at: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/982/772.

Afriwan, O. and Agustina, F.I. (2020) ‘Pemberdayaan Kelompok Usaha Ibu Rumah Tangga Sayo Baru Kelurahan Turida Kecamatan Sandubaya Kota Mataram’, 2(3), pp. 101–108.

Handayani, S.M. and Sundari, M.T. (2016) ‘Pemberdayaan Wanita Tani Melalui Pembuatan Keripik Belut Daun Singkong di Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar’, Jurnal DIANMAS, 5(1), pp. 23–34.

Khairani, S. and Pratiwi, R. (2018) ‘Peningkatan Omset Penjualan Melalui Diversifikasi Produk dan Strategi Promosi Pada UMKM Kerajinan Souvenir Khas Palembang’, CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), pp. 36–43. doi:10.31960/caradde.v1i1.18.

Kusumawardhani, R., Kurniawan, I.S. and Ningrum, N.K. (2020) ‘Pelatihan Pemasaran Digital dan Manajemen Usaha Untuk Akselerasi Kinerja UKM Pengrajin Bambu di Desa Tirtoadi, Mlati, Sleman’, Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), pp. 11–17.

Lilik Widyawati1, Melati Rosanensi2, Hasbullah 3, Tomi Tri Sujaka4, C.S. (2023) ‘Pengembangan Pasar Digital pada UMKM Desa Batu Kumbang Lilik’, 1(4), pp. 799–808.

Lugina, M. et al. (2017) ‘Strategi Keberlanjutan Pengelolaan Hutan Mangrove Di Tahura Ngurah Rai Bali’, Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan, 14(1), pp. 61–77. doi:10.20886/jakk.2017.14.1.61-77.

Muhtarom, Z.A. et al. (2023) ‘Peningkatan Kesejahteraan Sosial Ekonomi Masyarakat Di Era Digitalisasi Bagi Masyarakat Pelaku Wisata Yang Ada Di Desa Batu Kumbung’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(4), pp. 43–50. doi:10.59837/jpmba.v1i4.32.

Nugrahaningsih, P. et al. (2021) ‘PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN PEMASARAN DIGITAL PADA BUMDes BLULUKAN GEMILANG’, Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), p. 8. doi:10.24198/kumawula.v4i1.29574.

Satria, D., Arif, M. and Hafrida, E. (2021) ‘Pelatihan Kewirausahaan Bina Bisnis Online Pemasaran Produk Makanan Dan Reseller Untuk Kelompok Perwiridan Al Mubarok’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 20–25. doi:10.52072/abdine.v1i1.177.

ta, D. (2017) ‘PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI PELAKU USAHA KECIL DAN BINAAN KOPERASI DI RUMAH SUSUN SEDERHANA SEWA ( RUSUNAWA ) CIPINANG BESAR SELATAN’, 1(1), pp. 58–72.

Triyanto, W.A. (2017) ‘Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Kerajinan Tas’, Indonesian Journal on Networking and Security, 6(3), pp. 63–67.

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Juhartini, J., Yansirus Saniyah, E., & Yani, A. (2024). Pemberdayaan Wanita Melalui Digital Marketing dan Akses Terhadap Modal Usaha, Desa Batu Kumbung, Kec. Lingsar. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 143–153. https://doi.org/10.52072/abdine.v4i2.905