Edukasi dan Demonstrasi Pengolahan Isi Piringku (Sop Daun Kelor ) Dalam Atasi Stunting

Authors

  • Nefonavratilova Ritonga Universitas Aufa Royhan
  • Nurul Hidayah Nasution Universitas Aufa Royhan
  • Arinil Hidayah Universitas Aufa Royhan
  • Delfi Ramadhini Universitas Aufa Royhan
  • Yanna Wari Harahap Universitas Aufa Royhan
  • Yuli Arisyah Siregar Universitas Aufa Royhan
  • Nurhalimah Batubara Universitas Aufa Royhan

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v4i1.865

Keywords:

Edukasi, Demonstrasi, Stunting

Abstract

Gizi yang optimal sangat penting untuk pertumbuhan normal serta perkembangan fisik dan kecerdasan anak. Salah satu upaya menjaga gizi seimbang adalah menggunakan porsi makan "Isi Piringku" terdiri dari lima puluh persen buah dan sayur, dan lima puluh persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein. Namun, masih sedikit ibu yang mengerti porsi seimbang isi piringku untuk kebutuhan gizi balita. Dampaknya angka stunting di Indonesia masih tinggi. Sebagai upaya mencegah stunting salah satunya adalah dengan mengedukasi Ibu mengenai isi piringku dan indikator kecukupan gizi balita. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang gizi, isi piringku dan stunting. Metode menggunakan teknik ceramah tanya jawab dan demonstrasi mengenai gizi balita, isi piringku dan stunting. Hasil pengabdian masyarakat dilihat dari pre dan post test pengetahuan ibu mengenai isi piringku, gizi dan stunting pada balita mengalami peningkatan. Ibu juga dapat mempraktikkan cara mengukur indikator kecukupan gizi dengan mengukur tinggi badan dibandingkan dengun berat badan sesuai dengan usia dan jenis kelamin. Tim pengabdian juga membagikan leaflet untuk peserta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriani, M. (2012). Pengantar Gizi Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Atasasih, H. (2022). Sosialisasi “isi piringku” pada remaja putri sebagai upaya pencegahan stunting. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 116-121.

Desyanti, D. et al. (2021) ‘Pelatihan Penggunaan Aplikasi Data Bahan Kimia Pada Smk Taruna Persada Dumai (Jurusan Laboratorium Kimia Smk Taruna Persada)’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 26–33. Available at: https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.170.

Dimas Sasongko et al. (2023) ‘Edukasi Pencegahan Stunting Pada Masyarakat Desa Jogonegoro Kabupaten Magelang’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). Available at: https://doi.org/10.52072/abdine.v3i1.489.

Kusuma, I. R., Ambarwati, D., & Septianawati, P. (2023, January). PENDIDIKAN KESEHATAN EDUKASI ISI PIRINGKU UNTUK PENCEGAHAN STUNTING PADA BALI. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL LPPM UMP (Vol. 4, pp. 1-5).

Kementerian Kesehatan RI. 2012. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteks dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Ditingkat Pelayanan KesehatanDasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Siahaya, A., Haryanto, R., & Sutini, T. (2021). Edukasi “Isi Piringku” terhadap pengetahuan dan perilaku pada ibu balita stunting di Maluku. Jurnal Penelitian Kesehatan" SUARA FORIKES"(Journal of Health Research" Forikes Voice"), 12, 199-202.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Ritonga, N. ., Hidayah Nasution, N. ., Hidayah, A. ., Ramadhini, D., Wari Harahap, Y. ., Arisyah Siregar, Y. ., & Batubara, N. . (2024). Edukasi dan Demonstrasi Pengolahan Isi Piringku (Sop Daun Kelor ) Dalam Atasi Stunting. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 120–125. https://doi.org/10.52072/abdine.v4i1.865