Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Bercerita Pada Anak Paud TK. ABC

Authors

  • Fitriana Destiawati Universitas Indraprasta PGRI
  • Harry Dhika Universitas Indraprasta PGRI
  • Siti Fatmala Sari Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v4i1.830

Keywords:

Augmented Reality, Pendidikan Anak Usia Dini, Media Bercerita Interaktif, Pengenalan Hewan Mamalia, Retensi Informasi

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media bercerita pada anak PAUD. Yang menjadi latar belakang penerapa AR dikarenakan metode sederhana yang selalu dilakukan terus menerus oleh para guru, untuk itu diperlukan suasana baru dalam neingkatkan pembelajaran dan semangat siswa. Metode yang digunakan meliputi implementasi langsung, pembuatan aplikasi AR dengan tema pengenalan hewan mamalia, studi pustaka, dan evaluasi menggunakan quiz. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan AR meningkatkan pemahaman konten, keterlibatan anak-anak selama sesi bercerita, dan retensi informasi. Skor pemahaman awal rata-rata anak-anak meningkat dari 5 menjadi 8, keterlibatan meningkat dari 5,7 menjadi 8,1, dan hasil quiz rata-rata mencapai 8,1. Pelatihan guru juga berhasil meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan teknologi AR. Pelaksanaan pengabdian sebelum dan sesudah menunjukkan bahwa AR dapat menjadi alat yang efektif dalam pendidikan anak usia dini, sebelum ada AR minat dan semangat cukup baik namun setelah dilakukan penerapan AR maka hasilnya lebih baik lagi dalam meningkatkan minat dan semangat siswa dalam pemebelajaran. Kesimpulannya, teknologi AR memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bustos, H., Camogliano, J. and Subauste, D. (2024) ‘Mobile Augmented Reality Application for Digital Storytelling in High School Education’, Proceedings of the 15th International Multi-Conference on Complexity, Informatics and Cybernetics: IMCIC 2024, (Imcic), pp. 54–60. Available at: https://doi.org/10.54808/imcic2024.01.54.

Chen, Y. et al. (2019) ‘An overview of augmented reality technology’, Journal of Physics: Conference Series, 1237(2). Available at: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1237/2/022082.

Dhika, H. and Destiawati, F. (2022) ‘Workshop Pemanfaatan Aplikasi Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Siswa’, J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(7), pp. 5505–5512.

Düzyol, E., Yildirim, G. and Özyilmaz, G. (2022) ‘Investigation of the effect of augmented reality application on preschool children’s knowledge of space’, Journal of Educational Technology and Online Learning, 5(1), pp. 190–203. Available at: https://doi.org/10.31681/jetol.976885.

Jannah, N.M., Afrezah, N.N. and Margana, M. (2023) ‘Pedagogical potential of immersive technology for English speaking learning’, Diksi, 31(2), pp. 214–223. Available at: https://doi.org/10.21831/diksi.v31i2.59666.

Kennedy, A.A.U. et al. (2021) ‘Promoting interest, positive emotions, and knowledge using augmented reality in a museum setting’, International Journal of Science Education, Part B: Communication and Public Engagement, 11(3), pp. 242–258. Available at: https://doi.org/10.1080/21548455.2021.1946619.

Kisno, Wibawa, B. and Khaerudin (2022) ‘Digital Storytelling for Early Childhood Creativity: Diffusion of Innovation “3-D Coloring Quiver Application Based on Augmented Reality Technology in Children’s Creativity Development"’, International journal of online and biomedical engineering, 18(10), pp. 26–42. Available at: https://doi.org/10.3991/ijoe.v18i10.32845.

López-Belmonte, J. et al. (2023) ‘Augmented reality in education. A scientific mapping in Web of Science’, Interactive Learning Environments, 31(4), pp. 1860–1874. Available at: https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1859546.

Mpiti, P.T., Makena, B. and Qoyi, M. (2023) ‘Augmented Reality for Teaching Storytelling in a Rural Foundation Phase Primary School: Integrating a Place-Based Approach’, Research in Social Sciences and Technology, 8(3), pp. 105–118. Available at: https://doi.org/10.46303/ressat.2023.24.

Novaliendry, D. et al. (2022) ‘Development of Interactive Media Based on Augmented Reality for Early Childhood Learning Around the Home’, International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(24), pp. 4–20. Available at: https://doi.org/10.3991/ijim.v16i24.34501.

Pan, Z. et al. (2021) ‘Introducing augmented reality in early childhood literacy learning’, Research in Learning Technology, 29(1063519), pp. 1–21. Available at: https://doi.org/10.25304/rlt.v29.2539.

Sari, S. fatmala, Destiawati, F. and Manurung, L. (2023) ‘Implementasi Augmented Reality Pada Aplikasi’, Jurnal Informatika Polinema, 9(2), pp. 183–192. Available at: https://www.researchgate.net/ profile/ Muhammad- Fauzan-37/publication/356608671_Implementasi_Augmented_Reality_pada_Aplikasi_VALORANT_3D_Multimedia_Berbasis_Android/links/61a4c707ee3e086e3d3a6014/Implementasi-Augmented-Reality-pada-Aplikasi-VALORANT-3D-Mult.

Sofianidis, A. (2022) ‘Why Do Students Prefer Augmented Reality: A Mixed-Method Study on Preschool Teacher Students’ Perceptions on Self-Assessment AR Quizzes in Science Education’, Education Sciences, 12(5). Available at: https://doi.org/10.3390/educsci12050329.

Yudho Yudhanto et al. (2023) ‘Peningkatan Literasi Teknologi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Dengan Ar Halokids Berbasis Games’, J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(6), pp. 1103–1110. Available at: https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i6.6762.

Zhang, Y.A. (2019) Characteristics of Mobile Teaching and Learning, Handbook of Mobile Teaching and Learning: Second Edition. Available at: https://doi.org/10.1007/978-981-13-2766-7_5.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Destiawati, F., Dhika, H., & Fatmala Sari, S. (2024). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Bercerita Pada Anak Paud TK. ABC. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 97–105. https://doi.org/10.52072/abdine.v4i1.830