Pengenalan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Gellysa Urva Mrs
  • Tri Yuliati Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Tri Handayani Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Ari Sellyana Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v4i1.799

Keywords:

Canva, Media Pembelajaran, Adaptasi Teknologi

Abstract

TPengenalan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar merupakan hal penting mendukung pembelajaran siswa.  Artikel ini membahas tentang penggunaan platform desain grafis Canva sebagai alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan adaptasi teknologi bagi siswa sekolah dasar. Dalam era teknologi informasi yang semakin maju, adaptasi teknologi menjadi keterampilan krusial yang perlu dikuasai sejak dini.  Teknologi informasi memainkan peran sentral dalam hampir setiap aspek kehidupan. Penerapan Canva sebagai media pembelajaran dalam konteks sekolah dasar, yang meliputi proses pengenalan aplikasi kepada siswa serta manfaat dan tantangan yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam mengadopsi teknologi ini. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus di sebuah sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan Canva di sekolah dasar memberikan dampak positif terhadap minat belajar siswa, kreativitas, dan penguasaan teknologi yang relevan. Pembahasan akan menyoroti relevansi penggunaan Canva sebagai media pembelajaran dalam era digital, dan bagaimana pendekatan ini dapat berkontribusi pada meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewilna Helmi et al. (2023) ‘Pengenalan Aplikasi Canva sebagai Desain Media Pembelajaran Otomatis Bagi Guru di SMAS Plus Tarang’, Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara (JMMN), 2(2), pp. 24–3.

Friska, J., Pramuaniati, I. and Mahriyuni (2023) ‘Effectiveness of using Canva Application to Improve Learning Outcomes of Tenth Grades Students’, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), pp. 421–427. Available at: https://doi.org/10.23887/jppp.v7i3.67879.

Ikhlas, R.Z., Japakiya, R. and Muzayanah, T. (2023) ‘Utilization of Canva Application as a Learning Media Video Creation’, Journal of Social Science Utilizing Technology, 1(3), pp. 158–169. Available at: https://doi.org/10.55849/jssut.v1i3.558.

Kaffah, L.S., Setiawan, D. and Edi, W. (2023) ‘Pemanfaatan Media Cetak Poster Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Di Kelas V Sd’, Jurnal Ilmiah Wahana Pend, 9(16), pp. 482–492. Available at: https://doi.org/10.5281/zenodo.8246435.

Novitasari, A.D. (2023) ‘E-Modul Interaktif Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar’, 3.

Novitasari, A.D. and Pratiwi, E.Y.R. (2023) ‘E-Modul Interaktif Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar’, Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), pp. 3437–3455. Available at: https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2301.

Oktaviani, A.A., Fadilah, H. and Aeni, A.N. (2023) ‘Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Canva dalam Pengenalan Politik Islam pada Siswa Kelas 5 SD’, 06(01), pp. 742–749.

Rismayani (2022) ‘Pelatihan Membuat Media Promosi Sederhana dengan Aplikasi Canva untuk Guru Sekolah Dasar’, INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement, 1(1), pp. 1–5. Available at: https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X-XX.

Sanisah, S. et al. (2022) ‘Dalam Membuat Media Pembelajaran Multimedia’, JCES (Journal of Character Education Society, 5(1), pp. 95–108.

Sari, I.K., Rahayu, A. and Darmawati, Y.P. (2023) ‘Using Canva to Improve the Creativity of Elementary School Students Grade 5 in Yogyakarta’, (July), pp. 656–670.

Urva, G., Pratiwi, M. and Syarief, A.O. (2022) ‘Optimalisasi Media Sosial Sebagai Penunjang Digital Marketing’, 2(1), pp. 56–61.

Warmansyah, J. et al. (2023) ‘the Utilization of Canva Application in Supporting Early Childhood Arabic Language Learning: Teachers’ Perceptions / Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Medukung Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini: Persepsi Guru’, Lughawiyah: Journal of Arabic Education and Linguistics, 5(2), p. 141. Available at: https://doi.org/10.31958/lughawiyah.v5i2.10781.

Wijaksono, B.A., Parulian, D. and Fazrie, M. (2023) ‘Pelatihan Peningkatan Kreativitas Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Canva Pada SMPN 102 Jakarta’, Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 1(3), pp. 168–175. Available at: https://doi.org/10.30998/ks.v1i3.1529.

Wulandari, T. et al. (2022) ‘Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI / SD’, 2(1), pp. 102–118.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Gellysa Urva, Yuliati, T., Handayani, T., & Sellyana, A. (2024). Pengenalan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar . ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 36–42. https://doi.org/10.52072/abdine.v4i1.799