Pelatihan Pemprograman Python Tingkat Dasar Untuk Pemetaan Wilayah Di SMA Ksatrian 02 Semarang

Authors

  • Dwi Prabowo Universitas Semarang
  • Hendrianto Sundaro Universitas Semarang
  • Ratna Ayu Permatasari AR Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v4i1.752

Keywords:

Pemprograman, Python, Perencanaan Wilayah

Abstract

Perkembangan Dunia Pendidikan semakin lama semakin pesat, siswa dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi. Pemanfaatan teknologi salah satunya bisa di terapkan melalui pemahaman bahasa pemograman. Pemahaman terhadap dunia coding menjadi hal yang utama bagi siswa-siswi sekolah menengah atas saat ini dan di masa yang akan datang. Hal ini menginspirasi para dosen Universitas Semarang Jurusan Perencanaan Wilayah & Kota mengadakan kegiatan PKM. Kegiatan PKM utama yang dilakukan adalah Pelatihan Pemograman Python Tingkat Dasar bagi siswa-siswi di SMA Ksatrian 2 Kota Semarang. Pelatihan ini bertujuan agar membuka cakrawala awal dan ketertarikan mereka akan dunia programming yang berkaitan dengan bidang perencanaan wilayah dan kota. Materi pelatihan yang telah diberikan meliputi pemahaman Bahasa pemprograman Python dan Pelatihan operasi dasar Python meliputi Variable, Sequence, Selection dan Looping di Lab komputer SMA Ksatrian 2 Kota Semarang. Hasil dari kegiatan ini adalah siswa dapat membuat aplikasi menggunakan bahasa pemograman Python.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2021) ‘Pelatihan Dasar-Dasar Algoritma Dan Pemograman Untuk Membangkitkan Minat Siswa-Siswi Smk Pada Dunia Pemograman’, Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), p. 54. Available at: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1326.

Desyanti, D. et al. (2021) ‘Pelatihan Penggunaan Aplikasi Data Bahan Kimia Pada Smk Taruna Persada Dumai (Jurusan Laboratorium Kimia Smk Taruna Persada)’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 26–33. Available at: https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.170.

Gusmawati, L., Aisyah, S. and Habibah, S.U. (2020) ‘Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar’, Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(April 2020), pp. 36–42. Available at: https://almasdi.staff.unri.ac.id/files/2014/02/Potensi-PKS-dan-produk-turunannya-di-Riau.pdf.

Kadarina, T.M. and Ibnu Fajar, M.H. (2019) ‘Pengenalan Bahasa Pemrograman Python Menggunakan Aplikasi Games Untuk Siswa/I Di Wilayah Kembangan Utara’, Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 5(1), p. 11. Available at: https://doi.org/10.22441/jam.2019.v5.i1.003.

Muhammad Romzi and Kurniawan, B. (2020) ‘Pembelajaran Pemrograman Python Dengan Pendekatan Logika Algoritma’, JTIM: Jurnal Teknik Informatika Mahakarya, 03(2), pp. 37–44.

Raihan, R.M. and Yulianto, S. (2023) ‘Penerapan Pemrograman Python Dalam Menentukan Waktu Overhoul Kondensor Turbin Uap’, Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur, 8(1), pp. 49–57. Available at: https://doi.org/10.21009/jkem.8.1.6.

Serin, F.D. (2023) ‘Upaya peningkatan prestasi belajar peserta didik’, Journal on Education, 6(1), pp. 3908–3915. Available at: https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3497.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Dwi Prabowo, Sundaro, H., & Ayu Permatasari AR, R. (2024). Pelatihan Pemprograman Python Tingkat Dasar Untuk Pemetaan Wilayah Di SMA Ksatrian 02 Semarang. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 114–119. https://doi.org/10.52072/abdine.v4i1.752