Peningkatan Visualisasi Produk dengan Pendampingan Mitra UMKM Kopi Tjolo Menggunakan Software Mobile Photo Editor

Authors

  • Diana Laily Fithri Diana DLF
  • Tri Listyorini Universitas Muria Kudus
  • Budi Cahyo Wibowo Universitas Muria Kudus
  • Rhoedy Setiawan Universitas Muria Kudus
  • Supriyono Supriyono Universitas Muria Kudus
  • Fajar Nugraha Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v3i2.672

Keywords:

Visualisasi Produk, Digital Marketing, Mobile Photo Editor, Daya Tarik Produk, Minat Konsumen

Abstract

Dalam era pemasaran digital yang berkembang pesat, visualisasi produk menjadi elemen penting dalam menarik perhatian konsumen. Namun, banyak produsen dan pengecer menghadapi tantangan dalam menciptakan visualisasi produk yang menarik dan profesional dengan sumber daya terbatas. Pengabdian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan mobile photo editor dalam meningkatkan visualisasi produk dalam konteks digital marketing. Kami mencari pemahaman tentang efektivitas alat ini dalam meningkatkan daya tarik produk dan minat konsumen. Metode dalam pendampingan kegiatan pengabdian masyarakat menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan produsen dan pengecer produk kopi yang menggunakan mobile photo editor dalam pemasaran mereka. Kami mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penggunaan mobile photo editor, seperti PhotoRoom, efektif dalam meningkatkan visualisasi produk. Dengan mengedit gambar produk kopi, termasuk penyesuaian cahaya, penambahan filter, dan elemen tambahan seperti teks, daya tarik produk ditingkatkan secara signifikan. Selain itu, variasi dalam sampel gambar produk kopi juga memengaruhi minat konsumen secara positif. Penggunaan kreatif mobile photo editor memungkinkan produsen dan pengecer untuk menarik berbagai segmen konsumen dengan preferensi visual yang berbeda. Kesimpulannya, mobile photo editor adalah alat yang efektif dalam meningkatkan visualisasi produk dan menarik minat konsumen dalam strategi digital marketing.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alexander, Y.L. (2023) ‘Meningkatkan Kinerja UMKM Melalui Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Produk Perusahaan’, Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 11(2), pp. 629–642. Available at: https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i2.833.

Desyanti, Denok Wulandari, D.A. (2024) ‘Penerapan Metode Fuzzy Tsukomoto untuk Mengukur Tingkat Kelayakan Produk’, 7, pp. 2024–2031. Available at: https://doi.org/10.30865/mib.v7i4.6879.

Fatimah, N.S., Anisa, S.N. and Hartini, S. (2019) ‘Strategi Pemasaran Digital Dalam Upaya Memasarkan Produk Umkm Boyolali Melalui Pemanfaatan Media’, Jurnal Ekonomi, Sosial, dan Humaniora, 01(05), p. 105.

Irawati, R. and Prasetyo, I.B. (2022) ‘Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang)’, Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(2), pp. 114–133.

Iriani, Y. et al. (2022) ‘Strategi Peningkatan Daya Saing Produk UMKM Melalui Teknologi Informasi dan Standarisasi Produk Pasca Pandemi Covid-19’, SITEKIN: Jurnal Sains …, 20(1), pp. 183–189.

Khan, L.A., Kurniawati, I. and Dahlan, U.A. (2022) ‘Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan’, 5, pp. 1–6.

Mamuaja, V.C.N., Kumaat, A.P. and Rambing, P.R. (2022) ‘349-217-1074-1-10-20220801’, 1(1).

Mustika, S., Angreni, W. and Perwito, P. (2021) ‘Pengaruh Digital Marketing Terhadap Citra Perusahaan Pada Pt.Pos Indonesia (Persero) Bandung ’, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), pp. 1543–1553.

Nurfaizah, Komalasari, I. and Dwiki Ramadani, F. (2023) ‘Peningkatan Keterampilan Anggota Dawis Melalui Pelatihan Pembuatan Buket Dan Optimalisasi Media Sosial Untuk Pemasarannya’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), pp. 9–14. Available at: https://doi.org/10.52072/abdine.v3i1.534.

Paramita, P.D. and Surur, A.M. (2022) ‘Meningkatkan Kualitas Pemasaran UMKM melalui Inovasi Sosial Media Marketing’, Al-Dzahab: Jurnal of Economic, Management, Business and Accounting, 3(1), pp. 21–31.

Permadi, R.N. (2022) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM’, Avant Garde, 10(1), p. 15. Available at: https://doi.org/10.36080/ag.v10i1.1695.

Pradiatiningtyas, D. (2021) ‘(2021). Konsep Augmented Reality dan mobile marketing sebagai usaha pengembangan pariwisata yogyakarta di era pandemi COVID 19. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 8(1), 73-79.’, Jurnal Khatulistiwa Informatika, 8(1).

Syarif, N. (2023) ‘Diversifikasi Produk Pengrajin Keramik Gerabah dari Payakabung, Ogan Ilir, Sumatera Selatan’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), pp. 1–8. Available at: https://doi.org/10.52072/abdine.v3i1.510.

Published

2023-12-24

How to Cite

Diana, D. L. F., Listyorini, T. ., Cahyo Wibowo, B. ., Setiawan, R. ., Supriyono, S., & Nugraha, F. . (2023). Peningkatan Visualisasi Produk dengan Pendampingan Mitra UMKM Kopi Tjolo Menggunakan Software Mobile Photo Editor. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 239-248. https://doi.org/10.52072/abdine.v3i2.672