Pelatihan ESP8266 bagi siswa SMK N Kutasari Purbalingga untuk Pembelajaran Internet of Think (IOT).
DOI:
https://doi.org/10.52072/abdine.v3i2.645Keywords:
IOT, Teknologi, Digital, ESP8266Abstract
Peran teknologi semakin berkembang pesat, fungsi utama dunia pendidikan adalah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas di masa yang akan datang. Pelaksanaan pembelajaran siswa harus terus dikembangkan dan ditingkatkan. peningkatan SDM mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai modal utama sekaligus aset bangsa. Teknologi IOT menjadi hal yang penting digunakan pada era digital saat ini. kehadiran IOT dapat meningkatkan dan memaksimalkan kualitas maupun kuantitas produk mulai dari perencanaan, produksi dan hasil. hampir di berbagai bidang peran teknologi IOT memiliki manfaat yang besar seperti pertanian, kesehatan, rumah, pendidikan, pemerintahan dan sebagainya. Keterbatasan sarana dan SDM yang dimiliki pihak sekolah, Maka diperlukan penunjang pembelajaran siswa untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian bidang teknologi Internet of Thing (IOT). Berdasarkan hasil evaluasi peserta bahwa rata rata 100% peserta pelatihan “setuju” dengan Pelatihan ESP8266 bagi siswa SMK N Kutasari Purbalingga untuk Pembelajaran Internet of Think (IOT). Pelatihan dapat membantu siswa meningkatkan pengetahuan, kompetensi dan Keterampilan penggunaan Mikrokontroler ESP8266 sebagai perangkat pembelajaran teknologi Internet of Thing.
Downloads
References
Adiputra, D., Kristanto, T., Sayid Albana, A., Wednestwo Samuel, G., Andriyani, S., & Jose Anto Kurniawan, C. (2022). Penerapan Teknologi Hidroponik Berbasis IoT Untuk Mendukung Pengembangan Desa Wisata Edukasi. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 200–209. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i2.451
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Arifin, J., Frenando, J., & Herryawan, H. (2022). Sistem Keamanan Pintu Rumah Berbasis Internet of Things via Pesan Telegram. TELKA - Telekomunikasi Elektronika Komputasi Dan Kontrol, 8(1), 49–59. https://doi.org/10.15575/telka.v8n1.49-59
Budi Sudrajat, F. R. H. H. A. (2022). Pelatihan Penerapan IoT Untuk Peningkatan PengetahuanTeknologi Bagi Kader Kelurahan Sukasari Tangerang. 2.
Dasuki, M., & Abdurrahman, G. (2023). Pengenalan Internet of Things (IoT) di SMP IGS Melalui Pelatihan Penerapan Sistem Smart Home. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1799–1804. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/5193/3209
Desyanti, D., Sri Handayani, S., Febrina, W., & Sari, F. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Data Bahan Kimia Pada Smk Taruna Persada Dumai (Jurusan Laboratorium Kimia Smk Taruna Persada). ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.170
Djamar, A. S., Sompie, S. R. U. ., & Putro, M. D. (2017). Implementasi Teknologi NFC Untuk Akses Pintu Masuk dan Keluar. Jurnal Teknik Informatika, 11(1). https://doi.org/10.35793/jti.11.1.2017.16971
Etta Mamang Sangadji, S. (2010). Metodologi Penelitian.
Juniawan, F. P., & Sylfania, D. Y. (2019). Prototipe Sistem Keamanan Rumah Menggunakan Kombinasi Sensor Dan Sms Gateway. Jurnal Teknoinfo, 13(2), 78. https://doi.org/10.33365/jti.v13i2.304
Moh. Nazir. (1998). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Nelfianti, F., Martiwi, R., Rahman, A., & Kurniawan, A. (2022). Pelatihan Internet Sehat Dan Aman Untuk Remaja. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 115–122. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1560
Putra, A. P. (2021). Sistem Keamanan Sepeda Motor Berbasis Iot (Internet of Things) Dengan Smartphone Menggunakan Nodemcu. JTT (Jurnal Teknologi Terpadu), 9(1), 77–87. https://doi.org/10.32487/jtt.v9i1.1112
Rizky, R., Hakim, Z., Yunita, A. M., & Wardah, N. N. (2020). Implementasi Teknologi IoT (Internet of Think) pada Rumah Pintar Berbasis Mikrokontroler ESP 8266. Jurnal Teknologi Informasi, 4(2), 278–281. https://doi.org/10.36294/jurti.v4i2.1452
Samsugi, S., Nurkholis, A., Permatasari, B., Candra Nugroho, A., & Bagus Prasetyo, A. (2020). Internet of Things Untuk Peningkatan Pengetahuan Teknologi Bagi Siswa. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), 2(2), 173–177. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoabdimas
Satriadi, A., Wahyudi, & Christiyono, Y. (2019). Perangcangan Home Automation Berbasis NodeMcu. Transient, 8(1), 2685–0206. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tri Sulistyorini, Nelly Sofi, & Erma Sova. (2022). Pemanfaatan Nodemcu Esp8266 Berbasis Android (Blynk) Sebagai Alat Alat Mematikan Dan Menghidupkan Lampu. Jurnal Ilmiah Teknik, 1(3), 40–53. https://doi.org/10.56127/juit.v1i3.334