Pelatihan ESP8266 bagi siswa SMK N Kutasari Purbalingga untuk Pembelajaran Internet of Think (IOT).

Authors

  • Darso Darso Universitas Amikom Purwokerto
  • Armeyta Putri Tanzilla Universitas Amikom Purwokerto
  • Rizal Setiawan Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v3i2.645

Keywords:

IOT, Teknologi, Digital, ESP8266

Abstract

Peran teknologi semakin berkembang pesat, fungsi utama dunia pendidikan adalah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas di masa yang akan datang. Pelaksanaan pembelajaran siswa harus terus dikembangkan dan ditingkatkan. peningkatan SDM mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai modal utama sekaligus aset bangsa. Teknologi IOT menjadi hal yang penting digunakan pada era digital saat ini. kehadiran IOT dapat meningkatkan dan memaksimalkan kualitas maupun kuantitas produk mulai dari perencanaan, produksi dan hasil. hampir di berbagai bidang peran teknologi IOT memiliki manfaat yang besar seperti pertanian, kesehatan, rumah, pendidikan, pemerintahan dan sebagainya. Keterbatasan sarana dan SDM yang dimiliki pihak sekolah, Maka diperlukan penunjang pembelajaran siswa untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian bidang teknologi Internet of Thing (IOT). Berdasarkan hasil evaluasi peserta bahwa rata rata 100% peserta pelatihan “setuju” dengan Pelatihan ESP8266 bagi siswa SMK N Kutasari Purbalingga untuk Pembelajaran Internet of Think (IOT). Pelatihan dapat membantu siswa meningkatkan pengetahuan, kompetensi dan Keterampilan penggunaan Mikrokontroler ESP8266 sebagai perangkat pembelajaran teknologi Internet of Thing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiputra, D., Kristanto, T., Sayid Albana, A., Wednestwo Samuel, G., Andriyani, S., & Jose Anto Kurniawan, C. (2022). Penerapan Teknologi Hidroponik Berbasis IoT Untuk Mendukung Pengembangan Desa Wisata Edukasi. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 200–209. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i2.451

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Arifin, J., Frenando, J., & Herryawan, H. (2022). Sistem Keamanan Pintu Rumah Berbasis Internet of Things via Pesan Telegram. TELKA - Telekomunikasi Elektronika Komputasi Dan Kontrol, 8(1), 49–59. https://doi.org/10.15575/telka.v8n1.49-59

Budi Sudrajat, F. R. H. H. A. (2022). Pelatihan Penerapan IoT Untuk Peningkatan PengetahuanTeknologi Bagi Kader Kelurahan Sukasari Tangerang. 2.

Dasuki, M., & Abdurrahman, G. (2023). Pengenalan Internet of Things (IoT) di SMP IGS Melalui Pelatihan Penerapan Sistem Smart Home. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1799–1804. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/5193/3209

Desyanti, D., Sri Handayani, S., Febrina, W., & Sari, F. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Data Bahan Kimia Pada Smk Taruna Persada Dumai (Jurusan Laboratorium Kimia Smk Taruna Persada). ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.170

Djamar, A. S., Sompie, S. R. U. ., & Putro, M. D. (2017). Implementasi Teknologi NFC Untuk Akses Pintu Masuk dan Keluar. Jurnal Teknik Informatika, 11(1). https://doi.org/10.35793/jti.11.1.2017.16971

Etta Mamang Sangadji, S. (2010). Metodologi Penelitian.

Juniawan, F. P., & Sylfania, D. Y. (2019). Prototipe Sistem Keamanan Rumah Menggunakan Kombinasi Sensor Dan Sms Gateway. Jurnal Teknoinfo, 13(2), 78. https://doi.org/10.33365/jti.v13i2.304

Moh. Nazir. (1998). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Nelfianti, F., Martiwi, R., Rahman, A., & Kurniawan, A. (2022). Pelatihan Internet Sehat Dan Aman Untuk Remaja. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 115–122. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1560

Putra, A. P. (2021). Sistem Keamanan Sepeda Motor Berbasis Iot (Internet of Things) Dengan Smartphone Menggunakan Nodemcu. JTT (Jurnal Teknologi Terpadu), 9(1), 77–87. https://doi.org/10.32487/jtt.v9i1.1112

Rizky, R., Hakim, Z., Yunita, A. M., & Wardah, N. N. (2020). Implementasi Teknologi IoT (Internet of Think) pada Rumah Pintar Berbasis Mikrokontroler ESP 8266. Jurnal Teknologi Informasi, 4(2), 278–281. https://doi.org/10.36294/jurti.v4i2.1452

Samsugi, S., Nurkholis, A., Permatasari, B., Candra Nugroho, A., & Bagus Prasetyo, A. (2020). Internet of Things Untuk Peningkatan Pengetahuan Teknologi Bagi Siswa. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), 2(2), 173–177. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoabdimas

Satriadi, A., Wahyudi, & Christiyono, Y. (2019). Perangcangan Home Automation Berbasis NodeMcu. Transient, 8(1), 2685–0206. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tri Sulistyorini, Nelly Sofi, & Erma Sova. (2022). Pemanfaatan Nodemcu Esp8266 Berbasis Android (Blynk) Sebagai Alat Alat Mematikan Dan Menghidupkan Lampu. Jurnal Ilmiah Teknik, 1(3), 40–53. https://doi.org/10.56127/juit.v1i3.334

Published

2023-12-20

How to Cite

Darso, D., Putri Tanzilla, A. ., & Setiawan, R. . (2023). Pelatihan ESP8266 bagi siswa SMK N Kutasari Purbalingga untuk Pembelajaran Internet of Think (IOT). ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 179-184. https://doi.org/10.52072/abdine.v3i2.645