Penyuluhan Wondershare EdrawMax dalam Membuat Mind Map Pembelajaran

Authors

  • Harry Dhika Universitas Indraprasta PGRI
  • Fitriana Destiawati Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v3i2.640

Keywords:

Mindmap, Education, Teknology, Wondershare Edrawmax, Learning, Effective

Abstract

Pengalaman pembelajaran modern menghadapi tantangan dalam mengadopsi teknologi untuk meningkatkan efektivitas pendidikan. Salah satu alat yang mendapatkan perhatian adalah penggunaan mind map dalam proses pendidikan. Mind map adalah alat visual yang membantu siswa merancang, mengorganisir, dan memahami data dengan lebih baik. Wondershare EdrawMax, sebuah aplikasi diagram serbaguna, menyediakan kemampuan untuk membuat mind map dengan cara yang intuitif dan efektif. Melalui pelatihan ini, guru diajak untuk menguasai penggunaan fitur perangkat lunak ini dalam merancang mind map yang dapat menjelaskan gagasan, memacu pemikiran kreatif, dan mengorganisir data. Selain itu, penelitian ini membahas bagaimana integrasi mind map dalam proses pendidikan dapat membantu guru meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Melalui observasi dan wawancara, tim penelitian mengevaluasi dampak pelatihan EdrawMax pada guru yang terlibat. Hasil penelitian mendukung gagasan bahwa penggunaan EdrawMax dalam pendidikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir visual dan konseptual guru serta kualitas proses pendidikan dan retensi data. Penelitian ini berbagi pengetahuan berharga tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran, terutama dalam konteks pembuatan mind map. Hasil penelitian dapat membantu guru dan lembaga pendidikan memutuskan apakah EdrawMax adalah alat yang efektif dalam meningkatkan pendidikan siswa melalui mind map, yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada pengembangan prosedur pendidikan inovatif yang meningkatkan kualitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Coding, S. (2023) EdrawMax, EdrawMax.

Crowe, M. and Sheppard, L. (2012) ‘Mind mapping research methods’, Quality and Quantity, 46(5), pp. 1493–1504. Available at: https://doi.org/10.1007/s11135-011-9463-8.

Davies, M. (2011) ‘Concept mapping, mind mapping and argument mapping: What are the differences and do they matter?’, Higher Education, 62(3), pp. 279–301. Available at: https://doi.org/10.1007/s10734-010-9387-6.

Destiawati, F. and Dhika, H. (2023) ‘Penggunaan Model Aplikasi Permainan Sebagai Metode Pembelajaran Berhitung’, J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), pp. 7121–7128.

Desyanti, D. et al. (2021) ‘Pelatihan Penggunaan Aplikasi Data Bahan Kimia Pada Smk Taruna Persada Dumai (Jurusan Laboratorium Kimia Smk Taruna Persada)’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 26–33. Available at: https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.170.

Dhika, H. et al. (2021) ‘Penyuluhan Data Mining Dengan Ensemble Learning Dalam Strees Pembelajaran Sekolah Saat Covid19’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 159–167. Available at: https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.227.

Edrawmax (2023) EdrawMax User Guide | Edraw, Web Edrawmax.

Haryanto et al. (2020) ‘Pelatihan Teknis Pemanfaatan Aplikasi Edraw Max Erancang Bahan Ajar Bagi Guru Sma Muaro Jambi’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Pinang Masak, pp. 1–9.

Hikmah, N. and Hadi, N.F. (2021) ‘Implementasi Edraw Mind Map Berbasis Discovery Learning Dalam Meningkatan Hasil Belajar PAI’, Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 2(3), pp. 147–161. Available at: https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v2i3.4179.

Kuswanto, J., Rahman, A. and Dapiokta, J. (2022) ‘Pemanfaatan Google Classroom untuk Pembelajaran Daring’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), pp. 101–106. Available at: https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.252.

Mardiah, Hendra and Hastina, N. (2019) ‘APLIKASI EDRAW MIND MAP BAGI GURU SD NEGERI 050702 KECAMATAN SECANGGANG KABUPATEN LANGKAT’, Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2, pp. 71–77.

Melati, M.N.M., Gulo, M. and Christiyanto, N.A. (2018) ‘Pemanfaatan Edraw Mind Map 7.9 Untuk Menggambarkan Sejarah Pergerakan Budi Utomo’, pp. 204–210. Available at: https://doi.org/10.24071/snfkip.2018.21.

Pujiana, S. (2020) ‘the Effectiveness of Edraw Mind Map Application in Teaching Writing of Recount Text At the Tenth Grade of Man 4 Kediri’, Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Proficiency, 2(1), p. 15. Available at: https://doi.org/10.32503/proficiency.v2i1.1381.

Surajiyo, S. and Dhika, H. (2019) ‘Teori-teori Kebenaran Dalam Filsafat: Aplikasinya Mengukur Kebenaran dalam Penomena Penyebaran Hoax pada Media Sosial’, Jurnal Publikasi Pendidikan, 11, p. 2.

Tundo, T. and Saidah, A. (2023) ‘Pelatihan Penggunaan E-Draw Max Untuk Membuat Desain Sistem’, Kami Mengabdi, 3(1), pp. 17–23. Available at: https://doi.org/10.52447/km.v3i1.6801.

Wicaksono (2011) ‘Efektifitas Metode Pembelajaran’, p. 10.

Published

2023-12-20

How to Cite

Dhika, H., & Destiawati, F. . (2023). Penyuluhan Wondershare EdrawMax dalam Membuat Mind Map Pembelajaran. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 161-167. https://doi.org/10.52072/abdine.v3i2.640