Edukasi Penggunaan Internet Sehat, Aman dan Produktif Untuk Santri Pondok Pesantren Al Mansyuriah Sepatan Kabupaten Tangerang Banten
DOI:
https://doi.org/10.52072/abdine.v3i2.627Keywords:
Edukasi, Internet Sehat, Media SosialAbstract
Tujuan edukasi penggunaan internet sehat, aman dan produktif ialah proses edukasi yang memberikan pembelajaran yang memadai mengenai penggunaan internet sehingga mengedepankan dampak positif dan menekan dampak negatif dan menjadikan para santri menjadi cerdas dan produktif. Internet bisa membantu kegiatan manusia menjadi lebih ringan, lebih efektif dan efisien serta tidak sedikit dampak yang menjadikan internet sebagai sarana cyber crime, cyber bullying dan bentuk kekerasan lainnya. Hal ini menjadi tantangan bagi semua pihak ,terutama di zaman yang serba canggih untuk itu dibutuhkan edukasi yang memberikan pembelajaran serta pendampingan supaya para santri bisa memilih dan berhati-hati mengani konten internet. Hasil dari pelaksanaan pengabdian Masyarakat ini tersusun materi sosialisasi , makalah dalam bentuk modul maupun presentasi berisikan materi penggunaan internet sehat, aman dan produktif. Peserta dalam hal ini santri pondok pesantren Al mansyuriah mendapatkan banyak manfaat dari pelaksanaan pengabdian Masyarakat yaitu mengetahui dampak positif dan negatif dari teknologi internet. Para santri juga mendapatkan teknik dasar dalam mencegah dan menanggulangi konten negatif yang ada didalam konten internet. Mengetahui tips dan trik berselancar di dunia internet terutama dalam menggunakan media sosial secara sehat dan aman, serta produktif.
Downloads
References
Hidayanto, F. and Zidni Ilmi, M. (2015) ‘Pentingnya Internet Sehat’, Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 4(1), pp. 21–24. Available at: https://jurnal.uii.ac.id/ajie/article/view/7888%0Ahttps://journal.uii.ac.id/ajie/article/download/7888/6897.
Kurniawan, R. et al. (2021) ‘Penggunaan Internet yang Sehat dan Aman di Kalangan Masyarakat dan Pelajar’, Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat, 4(2), pp. 15–21.
Kuswanto Joko, Rahman Abdul, D.J. (2022) ‘Pemanfaatan Google Classroom untuk Pembelajaran Daring’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2 No.1, pp. 101–106. Available at: https://ejurnal.sttdumai.ac.id/index.php/abdine/article/view/252.
Puspitasari, T. (2020) ‘PENGGUNAAN INTERNET YANG SEHAT DAN AMAN DI ERA MILENIAL SMK PGRI 31 LEGOK’, KOMMAS, 1 No.1, pp. 41–50. Available at: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kommas/article/view/4605.
Rimba, S.S. (2020) ‘Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar’, JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING, 2 No.1. Available at: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/603/511.
Saidah Zahrotus, Khusnul Khitam Achmad, M.M.S. (2022) ‘Pelatihan Dakwah Digital Bagi Para Da’i Muda Di Komunitas Jamuspa Yogyakarta’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2 No. 1. Available at: https://ejurnal.sttdumai.ac.id/index.php/abdine/article/view/242.
Samsinar (2019) ‘URGENSI LEARNING RESOURCES (SUMBER BELAJAR) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN’, Didaktika, 13 No.3. Available at: https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/view/959.
Sudrajat, B. et al. (2022) ‘Edukasi Penggunaan Internet Sehat Dan Aman Bagi Warga Sekitar Musholla An Nur Tanjung Duren Selatan’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), pp. 188–194. Available at: https://doi.org/10.52072/abdine.v2i2.441.
Wilantika, N.M.N.S.B.W. (2019) ‘Edukasi Penggunaan Internet Sehat, Aman dan Produktif Melalui Kelompok Majelis Taklim’, Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 19 No. 2, pp. 189–199. Available at: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ekawan/article/view/3823/pdf_123.