Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Siswa/Siswi SMA Di Kota Bengkulu

Authors

  • Elva Utami Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu
  • Yuneva Yuneva Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu
  • Nila Kencana Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu
  • Yosi Marita Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v3i1.548

Keywords:

Pelatihan, Bahasa Inggris, Siswa SMA

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang sudah dilakukan adalah program Pelatihan bahasa Inggris bagi siswa/siswi SMA di Bengkulu. Program pengabdian  ini bertujuan membantu siswa/siswa SMA di Bengkulu  menguasai bahasa Inggris dengan baik. Berdasarkan hasil analisis situasi, pemahaman dan penguasaan bahasa Inggris tingkat SMA di Bengkulu masih rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran mereka untuk belajar bahasa inggris di luar jam pelajaran sekolah. dengan upaya ini diharapkan siswa mampu meningkatkan kemampuan dan minat mereka dalam bahasa inggris. Pelatihan belajar bahasa Inggris ini menyangkut penguasaan keempat keterampilan bahasa Inggris yaitu: mendengarkan (listening), membaca (reading), berbicara (speaking), dan tata bahasa (structure). Pelatihan bahasa inggris yang dilakukan sudah berhasil dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari antusiasme siswa/siswi SMA untuk mengikuti program pengabdian  ini. Kehadiran mereka mencapai 100%. Dan dari hasil evaluasi belajar nampak bahwa mereka sudah menunjukkan peningkatan kemampuan bahasa Inggris mereka pada keempat skill yaitu listening, reading, speaking structure. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini terdiri atas 4 tahapan yaitu pengenalan, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.  Prosedur kegiatan ini adalah pembukaan, melakukan pre-test,pemberian materi listening, pemberian materi reading, pemberian materi speaking, pemberian materi structure serta melakukan post-test. Hasil dari kegiatan ini adalah siswa/siswi SMA di Bengkulu meynadari akan pentingnya mempelajari  bahasa inggris untuk bersaing di era globalisasi ini serta meningkatnya kemampuan bahasa inggris siswa/siswa SMA di Bengkulu. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, I. G. A. M., Skolastika, I. M. P. and Widiantara, D. S. M. (2022) ‘Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Bagi Siswa SMA dan SMK Melalui Program “Mengabdi Padamu Negeri”’, JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), pp. 3065–3075. Available at: http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm.

Aini, M. R. and Nohantiya, P. (2020) ‘Peningkatan kemampuan bahasa inggris sebagai bahasa kedua bagi siswa desa jatinom’, JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(3), pp. 2–7. Available at: http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/2455/pdf.

Chandra, K. et al. (2023) ‘DHARMA BAKTI MEDAN’, 3(1), pp. 15–18.

Inggris, P. B. and Mataram, U. M. (2017) ‘PENINGKATAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS MASYARAKAT’, 1(1), pp. 10–12.

Desyanti, D. et al. (2021) ‘Pelatihan Penggunaan Aplikasi Data Bahan Kimia Pada Smk Taruna Persada Dumai (Jurusan Laboratorium Kimia Smk Taruna Persada)’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 26–33. Available at: https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.170.

Desyanti, D. et al. (2022) ‘Peningkatan Kemampuan Siswa SMA melalui Pelatihan Teknologi Informasi Komputer’, SNPKM: Seminar … [Preprint]. Available at: http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/11402.

Phillips, D. (2001) Longman Complete Course For The TOEFL Test. Edited by L. Hellegers. New York: LONGMAN.

Yuliza, Y., Sumianto, S. and Rizal, M. S. (2022) ‘Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Peta Konsep (Concept Mapping) pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar’, Science and Education Journal (SICEDU), 1(1), pp. 20–26. doi: 10.31004/sicedu.v1i1.11.

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Utami, E., Yuneva, Y., Kencana, N., & Marita, Y. (2023). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Siswa/Siswi SMA Di Kota Bengkulu. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 113–120. https://doi.org/10.52072/abdine.v3i1.548