Menerapkan Metode BCM (Bermain, Cerita Dan Menyanyi) Terhadap Keaktifan Santri Dalam Proses Belajar Mengajar Di TPQ Nurussa’diyah
DOI:
https://doi.org/10.52072/abdine.v3i1.518Keywords:
Metode BCM ( Bermain, Cerita, Menyanyi), , Sosial EmosionalAbstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mendeskripsikan pengembangan kecerdasan sosial emosional anak terutama untuk kemampuan memotivasi diri dan menjalin hubungan sosial melalui metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi). Subjek penelitian adalah 14 orang anak (6 perempuan dan 6 laki-laki) di TPQ Nurussa’diyah Cihanjawar Rt 05. Penelitian berlangsung dalam tiga siklus. Setiap siklus berlangsung dalam tiga kali pertemuan. Data dikumpilkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penerapan metode BCM (Bermain, Cerita Menyanyi) guru direkomendasikan untuk mempersiapkan hal-hal yang mendukung terlaksananya metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) seperti bentuk cerita, nyanyian, dan permainan yang menarik sesuai kebutuhan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) dapat mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak. Hasil penghitungan pada setiap aspek pengamatan mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Hasil uji menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan memotivasi diri (t=8,8, p< 0,05) dan kemampuan menjalin hubungan sosial (t=7.5, p< 0,05). Terhadap hasil ini dilakukan pembahasan.
Downloads
References
Bcm, D.A.N.M., Peningkatan, D. and Belajar, M. (2022) PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN 05 JEMBER FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN TAHUN 2022 DI MTsN 05 JEMBER.
Desyanti, D. et al. (2021) ‘Pelatihan Penggunaan Aplikasi Data Bahan Kimia Pada Smk Taruna Persada Dumai (Jurusan Laboratorium Kimia Smk Taruna Persada)’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 26–33. Available at: https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.170.
Evy Yulianty Nadeak, T., Ningsih, R. and Mustari, D. (2022) ‘PKM Peningkatan Kompetensi Guru untuk Pembelajaran Berbasis Google Meet dan Zoom di Paud Godwilling’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), pp. 114–122. Available at: https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.318.
Fadlillah, I. and Marwan, I. (2021) ‘Pemberdayaan TPQ Melalui Kegiatan BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Di TPQ Miftahu Huda Desa Banjarsari’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP), 4(2), pp. 74–84.
Irfan, A. et al. (2022) ‘Parcipatory Action Research: Peningkatan Potensi Ekonomi Itak Kalamai Produk Khas Masyarakat Pujud’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), pp. 181–187. Available at: https://doi.org/10.52072/abdine.v2i2.448.
Sadiana, M. (2016) ‘Metode, Penerapan Bermain, B C M Mengembangkan, Untuk Sosial, Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini’, Implementation of Bcm Methods (Playing, Stories, and Singing) To Developing Social-Emotional Intelligence of Early Childhood, 15(2), pp. 9–16.
Terhadap, M. and Santri, K. (2020) ‘IMPLEMENTASI METODE BCM ( BERMAIN , CERITA DAN’, 1, pp. 166–176.
Tamura, H. (2008) ‘Keaktifan Belajar’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), p. 287.
Yulia, D. and Suhardini, A.D. (2021) ‘Pengembangan Metode B3 (Bernyanyi, Bercerita, & Bermain) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TKQ X’, Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1(1), pp. 45–53. Available at: https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i1.156.