Pelatihan Pengenalan Inovasi Usaha Melalui Sosial Media di Desa Lamanda Kab Bulukumba

Authors

  • Adrianus Parenden STIE AMKOP Makassar
  • St Hatidja Pacsa STIE AMKOP MAKASSAR

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v2i2.458

Keywords:

Pelatihan, Inovasi Usaha, Desa Lamanda.

Abstract

Tujuan PKM adalah 1) untuk memberi pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat yang berdomisili di Desa Lamanda Kabupaten Bulukumba khususnya penggunaan sosial media untuk meningkatkan usaha dalam rangka menunjang  peningkatan  perekonomian  keluarga dan kesejahteraan warga secara keseluruhan dan 2) memberi pelatihan inovasi usaha untuk meningkatkan daya jual produk. Metode kegiatan yang dilaksanakan dimulai dari survey awal, identifikasi permasalahan mitra, pelatihan dan pendampingan dan tahap terakhir adalah monitoring dan evaluasi. Kesimpulan dari kegiatan PKM adalah peserta sudah mampu menggunakan media sosial untuk memasarkan produk, serta peserta sudah mengetahui pentingnya inovasi produk untuk meningkatkan daya jual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alex Sander, O. (2022) ‘Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention Yang Dimediasi Customer Trust Produk MS GLOW’, Jurnal of Business & Applied Management, XV(2), pp. 143–152.

Juliana, J. (2019) ‘Pengaruh Inovasi Dan Pengambilan Risiko Terhadap Perkembangan Wirausaha Muda Dalam Bidang Kuliner Di Wilayah Binong Tangerang’, Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 10(1). doi: 10.31294/khi.v10i1.5623.

Lewis, B. K. (2010) ‘Social Media and Strategic Communication: Attitudes and Perceptions’, Public Relations Journal Vol. 4, No. 3, Summer 2010, 53(9), pp. 1689–1699.

Puspasari, N. A. and Hermawati, T. (2021) ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial’, Jurnal Komunikasi Massa, 5(1), pp. 1–8. Available at: https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P.

Rosyida, R. H. and Yamit, Z. (2022) ‘Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada PT Technology and Innovation di Yogyakarta’, Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(2), pp. 119–130. Available at: https://journal.uii.ac.id/selma/article/download/24660/13848/71129.

Thaha, S., Hatidja, S. and Hasniati, H. (2021) ‘Pelatihan Digital Marketing untuk meningkatkan Penjualan UMKM di MasaPandemiCovid-19Di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 133–139. doi: 10.52072/abdine.v1i2.208.

Urva, G. et al. (2022) ‘Optimalisasi Media Sosial Sebagai Penunjang Digital Marketing’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), pp. 56–61. doi: 10.52072/ABDINE.V2I1.301.

Brogan, C. (2010) Tactics and Tips to Develop Your Business Online. New Jersey: John Wiley & Sons.

Kotler, P. and Keller, K. (2009) Manajemen Pemasaran ed 12. Jakarta: Index.

Apa Itu Social Media Marketing? Pelajari Seluk-beluknya, Yuk! - Glints Blog. (n.d.). Retrieved December 2, 2022, from https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-social-media-marketing/#.Y4mKrnZBy3A

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Parenden, A. ., & Hatidja, S. (2022). Pelatihan Pengenalan Inovasi Usaha Melalui Sosial Media di Desa Lamanda Kab Bulukumba. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 242–248. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i2.458