Pemberdayaaan Kompetensi Guru melalui Pembuatan Media Terrarium dengan Pendekatan Community Base Research
DOI:
https://doi.org/10.52072/abdine.v2i2.445Keywords:
Media Pembelajaran, Terrarium, Guru TK/KB, Community Base ResearchAbstract
Media pembelajaran terrarium sangat membantu guru dalam menyampaikan materi ajarnya kepada siswa. Di desa Bedah Lawak masih ditemukan guru TK/KB mengalami kesulitan dalam mengajarkan ilmu alam, sehingga media pembelajaran ini menjadi solusi terhadap kesulitan tersebut. Namun banyak para guru yang belum mengenal dan memahami terrarium sebagai media pembelajaran terutama bagi siswa TK/KB, karena bisa memberikan contoh langsung tentang pengenalan lingkungan hidup. Dalam rangka pemberdayaan bagi para guru TK/KB di desa Bedah Lawak, maka perlu dilakukan pelatihan pembuatan terrarium sebagai media pembelajaran. Metode pemberdayaan dengan pendekatan Community Base Research dengan melatih para guru tentang pembuatan media pembelajaran terrarium yang didampingi langsung oleh narasumber berkompeten. Pengukuran keberhasilan program pemberdayaan dilakukan melalui pengisian angket diakhir kegiatan. Hasil dari kegiatan pemberdayaan guru menunjukkan bahwa pelatihan terrarium mampu meningkatkan pemahaman para guru sebesar 98,43%. Hal ini berarti respon guru terhadap pembuatan terrarium sangat positif dengan keingintahuan yang cukup besar
Downloads
References
Evy Yulianty Nadeak, T., Ningsih, R., & Mustari, D. (2022). PKM Peningkatan Kompetensi Guru untuk Pembelajaran Berbasis Google Meet dan Zoom di Paud Godwilling. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 114-122. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.318
Fauzi Yusa Rahman, Karyadiputra, E., Setiawan, A., & Indah Purnomo, I. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Buku Digital Menggunakan Flipbook Pada SDIT Sullamul ‘Ulum. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 87-93. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.214
Irawan, H. Muhlis H & A. Wahab Jupri, (2014). Pemanfaatan Terarium Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Vi Mts . N 1 Laporan Penelitian, Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Mataram 1–11.
Jufri, A . W. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung : Pustaka Reka Cipta.
Kemp, Jerold E.(1994). Design Effective instruction.: Macmillan College Publishing Company.
Kristiani, A. (2002). Panduan praktis membuat dan merawat terarium agar tampil unik dan menarik. Jakarta: Agromedia.
Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013 Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum dan Ayat 172 Surah Al-‘Araaf. Universitas Singaperbangsa Karawang, 20, 123–144.
Ramey, A. Victor. (1992). Vivarium for ecosystem teaching purposes and recreational observations. United States Patent. Edition 19. Patent Number 5.135.400.
Sholehah, F. N. Anggun W. dan Umi Kulsum N.Q. (2019). Terrarium Sebagai Media Pembelajaran Lab Mini Untuk Melatih Keterampilan Guru TKIT Al Mishbah Pada Tema Lingkungan Alam. Conference on Research & Community Services. STKIP PGRI Jombang. 939 - 944. https://core.ac.uk/reader/267901533
Siregar, Jhon Renold, 2014. Peningkatan Keterampilan Guru Menggunakan Media Pembelajaran Melalui Lesson Study Di SMAN 04 Merlung Kabupaten Tanjung Jabung Barat, 1.1 (2014)
Sugiyarto, Lily. (2010). Struktur dan Fungsi Terarium sebagai Miniatur Ekosistem. Makalah Pengabdian Pada Masyarakat. (PPM Reguler) . Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.
Susilawaty, A. Ramsiah T., Djuwairiah A. dan Kasjim S. (2016 ). Panduan Riset Berbasis Komunitas (Community Based Research). Makasar: Penerbit Nur Khairunnisa.