Pelatihan Pengembangan Profesi Guru Melalui Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Dan Karya Inovatif di SMAN 1 Sumberpucung
DOI:
https://doi.org/10.52072/abdine.v2i2.408Keywords:
Pengembangan Profesi Guru, Karya Tulis Ilmiah, Karya InovasiAbstract
Untuk memenuhi tuntutan sumberdaya manusia yang unggul dan kompeten dibidangnya maka Tenaga Pendidik harus membekali dirinya dengan ilmu-ilmu yang dibutuhkan, dalam kehidupan , hal itu dimungkinkan dengan diberinya kebebasan beraktivitas dan berkreativitas selama batas-batas wajar tertentu. Tenaga Pendidik dituntut untuk belajar banyak, bukan hanya dari proses kegiatan belajar mengajar saja tetapi ia juga harus mencarinya dalam kegiatan-kegiatan di luar yang dapat meningkatkan kompetensinya. Maka dari itu, SMA Negeri 1 Sumberpucung bermaksud mengadakan kegiatan “Workshop Pengembangan Profesi Guru Melalui Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Dan Karya Inovatif”. Peserta pada kegiatan tersebut adalah guru SMA Negeri 1 Sumberpucung, yaitu sejumlah 53 guru. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari dan dilanjutkan dengan penugasan secara mandiri terstruktur, pada hari pertama pemateri pertama menyajikan penjelasan bagaimana tips membuat sebuah best practice yang baik, dan pada hari kedua pemateri kedua memaparkan bagaimana membuat sebuah artikel ilmiah konseptuan dan bagaimana membuat artikel ilmiah yang popular, serta pada akhir acara pemateri ketiga memamparkan bagaimana tips dan trik mengupload jurnal di OJS. Setelah kegiatan berakhir para peserta mendapatkan sertifikat setara 32 JP yang dapat digunakan untuk pengembangan profesi.
Downloads
References
Annisa, M., & Hamid, H. (2017). Pengembangan profesionalisme guru melalui pelatihan penyusunan karya tulis ilmiah di wilayah pedalaman. Widya laksana, 5(2), 81-84.
Hadiyati, H., Fatkhurahman, F., & Suroto, B. (2017). Pelatihan Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Tenaga Pendidik Di SMP N 3 Kampar Kiri Tengah. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 122-128.
Hayuhantika, D. (2017). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah sebagai upaya pengembangan profesionalisme guru SMPN 3 Ngunut. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 7-11.
Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70-81.
Karmila Sari, R., & Raga Paksi, G. (2022). Pendampingan Guru Pembimbing Karya Ilmiah Siswa MTs . ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 18-27.
Kurniawan, D. D., & Sigit, K. N. (2020). Pelatihan karya tulis ilmiah bagi mahasiswa universitas selamat sri. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat (PAKEM), 1(2), 65-69.
Mansyur, U., & Akidah, I. (2018). Peningkatan kompetensi profesional guru Mts DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep melalui pelatihan penulisan karya tulis ilmiah. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 273-278.
Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F. D., & Parjono, P. (2017). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah (KTI) bagi guru SMA Swasta di Sidoarjo. Jurnal Abdi: Media pengabdian kepada masyarakat, 2(2), 45-50.
Ricci Gemarni Tatalia, Aruna Laila, & Emil Septia. (2022). Pembinaan Menulis Karya Sastra (Puisi) Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Secara Daring di SMK Kartini Batam. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 11-17.
Risalah, D., Sandie, S., Hodiyanto, H., & Irvandi, W. (2021, March). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Berbantuan Aplikasi Mandeley. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPP) (Vol. 1, No. 1, pp. 150-155).
Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya tulis ilmiah bagi mahasiswa stkip andi matappa kabupaten pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 39-43.